oleh

DPRD Wanti-wanti Banjir, Pemkot Tangerang Diminta Sigap

Kabar6-Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Baihaki mengatakan Pemkot Tangerang masih memiliki pekerjaan rumah terkait persoalan banjir.

Pasalnya, banjir di Kota Tangerang terus terulang ketika hujan tiba. Misalnya, wilayah yang langganan banjir seperti di Kecamatan Periuk, Ciledug dan Karang Tengah.

“Saya meminta Pemkot Tangerang bertindak cepat dan efektif. Karena masyarakat di bawah itu tidak bisa menunggu,” ujar Baihaki dalam Diskusi Fraksi Teras bertema ‘Dibayangi La Nina, Kota Tangerang Sudah Apa ?’ yang digelar oleh Solusi Movement di Museum TMP Taruna, Kota Tangerang, Rabu, (3/11/2021).

Baihaki mengingatkan harusnya upaya penanggulangan banjir ini dilakukan sebelum musim hujan tiba. Ia khawatirkan dengan upaya yang dilakukan saat ini. Pasalnya, berbagai proyek penanggulangan banjir tersebut belum rampung padahal musim hujan telah tiba.

“Masyarakat juga harus disiapkan evakuasi mandiri. Untuk supaya tidak merugikan harta bendanya. Oleh karena itu, kami imbau dalam level Pemkot untuk membuat semacam gerakan menyeluruh,” katanya.

“Seperti gerakan daerah, dalam tempo dua bulan saya yakin masyarakat paham sehingga lebih tenang,” tambahnya.

Politisi dari Partai Demokrat ini juga menyarankan kepada Pemkot Tangerang untuk intensif dalam berkoordinasi dengan BBWSCC. Contohnya seperti revisi desain antisipasi banjir dilakukan dengan cepat.

“Dan desain yang integral menyeluruh dan tidak bolak balik. Jadi sekalian saja desainnya jangan bolak balik, nanti membuat kordinasi jadi panjang,” tegasnya.

**Baca juga: Cegah Banjir dan La Nina, Ini Startegi Pemkot Tangerang

Baihaki menyampaikan Sumber Daya Alam (SDA) Banten telah mendesak Pemkot Tangerang untuk segera melakukan normalisasi kali dan sungai. Contohnya, Situ Cipondoh yang akan dinormalisasi dengan anggaran Rp3 Miliar.

“Karena disitu membuat potensi banjir di sekelilingnya. Saya pemerintah kota juga memerhatikan ruas jalan jalan utama. Karena banjir sektang sudah menyebar,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru