oleh

DPRD Sorot Kinerja Forum CSR Dinilai Tak Optimal

Kabar6-Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Tangerang dinilai tidak optimal dalam menjalankan fungsinya. Tidak optimalnya tersebut dinilai tidak dapat menggandeng perusahaan berkontribusi dalam pembangunan kota.

“Serius tidak optimal karena kita sendiri tidak melihat hasil CSR apa yang ada di Tangerang ini,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Tasril Jamal di gedung DPRD Kota Tangerang, Rabu (21/4/2021).

Dirinya ini pun membandingkan kinerja forum TJSL CSR Kota Tangerang dengan wilayah lain. Contohnya di Semarang yang menggandeng sejumlah perusahaan untuk melancarkan programnya dalam pembangunan infrastruktur kota.

“Kamu coba cek di Semarang, Perusahaan di sana Dinas PU kasih program, terus dibantu programnya. Jadi, dia yang ngerjain, bukan duit yang ngambil. Jadi, drainase rapi,” katanya.

Menurutnya, Forum CSR Kota Tangerang juga dapat menerapkan strategi tersebut untuk pembangunan kota seperti memecahkan persoalan banjir. “Bukan uang CSR dikumpul forum, tapi kita enggak tahu dana CSR-nya dibawa ke mana,” katanya.

Tasril menjelaskan, perusahaan terbuka, BUMN dan BUMD di kota seribu industri dan sejuta jasa ini begitu banyak jumlahnya. Forum CSR Kota Tangerang pun harus bisa menggandeng perusahaan-perusahaan tersebut untuk turut serta dalam program CSR.

“Di sini perusahaan Tbk banyak dan mereka untungnya triliunan. Sedikitnya 2,5 persennya harus digunakan dana CSR. Ini ke mana,” jelasnya.

**Baca juga: Progres Pembangunan PLTSa Stagnan, Ini Langkah Pemkot Tangerang

Tasril menyebut pandemi Covid-19 kini jangan dijadikan sebagai selimut atau alasan untuk tidak melakukan program. DPRD Kota Tangerang akan melakukan pemanggilan kepada Forum CSR Kota Tangerang terkait kinerja yang tidak optimal itu.

“Ini saya minta Forum CSR kita panggil nanti, kita tanya. Yang jelas saya melihat tidak optimal,” tandasnya.(Oke)

Berita Terbaru