oleh

DPRD Lebak Singgung Sasaran Penegakan Protokol Kesehatan

Kabar6-Meski penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak diperpanjang, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Lebak tetap intens menggelar operasi penegakan protokol kesehatan (Prokes), dengan salah satu sasarannya pengguna jalan yang tidak memakai masker.

Namun, sejauh mana penegakan prokes dengan sasaran pengguna jalan dapat benar-benar efektif menekan tingkat penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Lebak? Untuk diketahui, angka positif Covid-19 di Lebak terus meningkat, tercatat hingga hari ini sebanyak 1.249 kasus.

Anggota Komisi I DPRD Lebak Aad Firdaus, mengatakan, jika pengguna jalan masih menjadi fokus sasaran penegakan prokes namun kasus Covid-19 terus melonjak, maka perlu ada evaluasi yang dilakukan Satgas.

“Kalau memang sebaliknya (Tidak mampu menekan kasus) memungkinkan dalam upaya penetapan sasaran yang kurang tepat. Menyasar pengguna jalan tapi tidak fokus kepada tempat tujuan masyarakat yang menimbulkan kerumunan,” kata Aad kepada Kabar6.com, Selasa (26/1/2021).

Maka dari itu, politisi Partai Perindo ini meminta Satgas Kabupaten Lebak segera melakukan evaluasi jika sasaran prokes yang fokus kepada pengguna jalan tetap tidak mampu menekan maksimal tingkat penyebaran Covid-19.

“Harus segera melakukan evaluasi secara bersama agar ada terobosan dan langkah-langkah lainnya yang tepat,” ujar Aad.

**Baca juga: Ribuan Butir Obat Keras Hexymer Kembali Diamankan Polisi di Lebak

Hal lain yang tak kalah penting menurut Aad, yaitu penguatan komitmen bersama, terutama Satgas hingga tingkat desa dalam mengimplementasikan upaya-upaya pencegahan secara intens kepasa seluruh lapisan masyarakat.

“Karena patron terdepan dalam upaya pencegahan maupun menekan kasus sbtulnya bukan hanya Satgas kabupaten tapi Satgas yang bersentuhan intens dengan masyarakat secara langsung,” kata Aad.(Nda)

Berita Terbaru