oleh

DPRD Kabupaten Tangerang Soroti Penggunaan Dana Covid-19 dan SILPA Tahun 2020

Kabar6 – Dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, tentang pemandangan umum atas penjelasan Bupati terhadap Raperda Pertanggung Jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, yang digelar pada Senin (14/6/2022), sebagian besar fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tangerang menyoroti tingginya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) tahun 2020 dan sejumlah fraksi juga mempertanyakan penggunaan dana Covid-19.

Salah satu anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga angota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tangerang, H Usman Abdul Ghani mengungkapkan, atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tangerang Tahun 2020, Fraksi PKB meyoroti beberapa hal diantaranya meminta penjelasan terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten dan SILPA 2020. Selain itu, Fraksi PKB juga menyoroti penggunaan dan pelaksanaan dana Covid-19 Tahun Anggaran (TA) 2020.

“Ada beberapa hal yang kami sampaikan dalam Pemandangan Umum Fraksi PKB. Yakni Soal LHP BPK 2020, SILPA 2020 dan penggunaan dana Covid-19. Kepada pemerintah untuk menekan SILPA setiap tahun, karena dengan adanya SILPA yang sangat besar pembangunan jadi terhambat,” kata Usman.

Selain itu, lanjut Usman, Fraksi PKB juga mengapresiasi Pemkab Tangerang pada masa pandemi Covid-19, Pemkab Tangerang masih mampu menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal diawal pandemi Covid-19 lalu, PAD Kabupaten Tangerang sempat mengalami penurunan secara drastis.

“Kami dari Frkasi PKB juga meminta penjelasan Bupati atas penggunaan dana Covid-19, Karena DPRD tidak masuk dalam pengawasan pelaksanaan Covid-19,” ujarnya.

Pantauan wartawan dilapangan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang menggelar rapat paripurna, Senin (14/6/2021). Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD disampaikan secara tertulis tanpa dibacakan dalam rapat paripurna dengan alasan menghemat waktu.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail membuka rapat paripurna sekitar pukul 11.20 WIB dengan peserta yang hadir sekitar 50 persen anggota DPRD. Setelah membuka jalannya sidang, Kholid Ismail menawarkan kepada anggota DPRD apakah pemandangan umum fraksi-fraksi ini dibacakan satu persatu di podium, atau dibacakan di meja masing-masing.

Atas usulan tersebut, sejumlah anggota DPRD Perwakilan fraksi-fraksi mengusulkan, untuk menghemat waktu agar pemandangan umum fraksi-frkasi ini diserahkan secara tertulis tanpa dibacakan.

**Baca juga: Kapolresta Tangerang Pimpin Sertijab Kabag Ops dan Kasat Samapta

“Karena ini disepakati berasma, maka pemandangan umum fraksi-fraksi hanya diserahkan secara tertulis,” ungkapnya.

Diketahui, dalam LKPJ Bupati Tangerang Tahun Anggaran 2020, terdapat SILPA sebesar Rp 533,49 miliar. SILPA ini meliputi penghematan anggaran yang dilakukan SKPD dan juga ada alokasi anggaran yang tidak direalisasikan oleh SKPD.(vee)

Berita Terbaru