oleh

DPRD Banten Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Kabar6-Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni mengajak kepada seluruh masyarakat Provinsi Banten untuk ikut mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 secara online.

Sensus penduduk penting untuk mengetahui jumlah penduduk di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten agar sinkron dengan program-program yang akan diluncurkan pemerintah.

Menurutnya, masyakakat cukup hanya dengan menyiapkan nomor unduk dan nomor KK untuk kemudian mengisi kolom yang disediakan pada website BPS.

Proses penginputan sudah bisa dilakukan mulai 15 Februari 2020 dan berakhir 31 Maret 2020. Selanjutnya pada Juli 2020 akan dilanjutkan dengan sensus penduduk secara langsung kepada warga dengan sesi wawancara.

“Oleh karena itu mari segera lakukan sensus penduduk tahun 2020 ini, caranya sangat mudah tinggal isi sensus secara online pada situs sensus bps.go.id dan menerima petugas sensus penduduk wawancara pada bulan Juli 2020. Mari bersama mencatat Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Banten Adi Wiryana mengatakan, pengisian sensus penduduk tahun 2020 sudah sangat mudah dan secara online.

“Caranya sederhana dan mudah diakses karena memang sensus penduduk kali ini kami menggunakan data dukcapil sebagai pre-list sehingga tidak perlu mengisi nama istri, nama anak, alamat, dan sebagainya, semuanya sudah ada datanya karena kami bekerjasama dengan dukcapil baik di pusat dan di daerah,” jelasnya.

Pada sisi lain menurut Adi, kendala yang dihadapi BPS pada proses sensus penduduk 2020 secara online adalah soal ketersediaan agar bisa diakses ke plosok daerah.

“Kendalanya yang pertama adalah jaringan, karena kita memakai jaringan internet dan sering terjadi di Banten ada beberapa jaringan yang kurang baik sehingga tidak bisa terkirim ke pusat, yang kedua terkait partisipasi masyarakat yang masih rendah karena memang mereka merasa tidak ada manfaat secara langsung karena memang data sensus digunakan untuk perancanaan jangka menengah dan panjang baik perencanaan pendidikan, kesehatan, maupun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan itulah yang secara tidak langsung menyebabkan sedikitnya partisipasi masyarakat,” jelasnya.

**Baca juga: Golkar Klaim Mampu Kuasai 4 Daerah Pilkada di Banten.

Adi menambahkna, BPS Provinsi Banten memiliki target 10 juta penduduk yang mengisi sensus penduduk secara online. Namun, hingga saat ini baru terdaftar sekitar 82.000 orang yang telah mengisi secara online.

“Oleh karena itu, BPS Provinsi Banten memohon himbauan dari ketua DPRD Provinsi Banten kepada masyarakat agar berpartisipasi dengan aktif pada pendataan Sensus Penduduk 2020 secara online (SPOnline) melalui situs Sensus.BPS.go.id yang dimulai sejak 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Dan menerima petugas sensus penduduk wawancara pada bulan Juli 2020 mendatang,” pungkasnya. (Den)

Berita Terbaru