oleh

Dosen Uhamka Edukasi Remaja di Kota Tangerang Soal Kesehatan Mental

Kabar6-Sebanyak 40 siswa SMA Negeri 6 Kota Tangerang mengikuti program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh para dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Kamis 15 Juli 2021

Kegiatan yang dilakukan secara daring itu mengusung tema “Pelatihan Komunikasi Asertif Sebagai Upaya Pemeliharaan Kesehatan Mental di Kalangan Siswa SMAN 6 Kota Tangerang,”

Diketahui, tema pengabdian ini sebagai bentuk pengaplikasian dari mata kuliah psikologi komunikasi yang diampu oleh tim dosen Vilya Dwi Agustini M.Ikom, Wininda Qusnul Khotimah, M.A, dan Andys Tiara, M.Ikom.

Sejalan dari hal tersebut, pengabdian ini juga sebagai upaya untuk mengedukasi para remaja akan kepedulian tentang kesehatan mental.

“Edukasi remaja sangat penting sekali, apalagi saat pendemi seperti ini. Psikologi mereka ketika belajar di rumah dan tak bisa beraktifitas seperti biasa, tentunya banyak tantangan,” ujar Vilya.

Salah satu dosen lainnya, Tiara juga menambahkan, komunikasi berbasis asertif menjadi pilihan menarik bagi remaja, apalagi kondisi era millenial batas informasi sudah tanpa sekat.

“Komunikasi jujur dan tegas, tetapi tetap menjaga sopan santun adat ketimuran menjadi hukum wajib, saat teknologi informasi sudah menggejala banyaknya sampah dan hoax informasi,” tambah Tiara.

**Baca juga: Pemkot Tangerang Bakal Guyur PMD ke Bank BJB 30 Miliar.

Sebagai informasi, sesi pelatihan dilakukan dalam dua sesi yaitu presentasi dan praktik. Praktik kali ini membuat meme sebagai bentuk kampanye kesehatan mental yang akan dilakukan oleh para siswa.

Acara pelatihan dipandu oleh Wininda Qusnul Khotimah dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Sesi pertama dipaparkan oleh Vilya Dwi Agustini, mengenai apa itu komunikasi asertif, ciri-ciri dan perbedaannya dengan komunikasi agresif dan submisif. Sesi kedua diisi oleh Andys Tiara dengan memutarkan video yang berkaitan dengan tema bullying di media sosial.(Tim K6)

Berita Terbaru