oleh

Dokter Bedah di India Berencana Transplantasi Rahim Pertama di Dunia Agar Wanita Transgender Bisa Hamil

Kabar6-Seorang ahli bedah di India bernama Dr Narendra Kaushik berencana melakukan transplantasi rahim pada pria yang menjalani operasi ganti kelamin agar wanita transgender bisa hamil.

Sebelumnya, melansir Dailymail, dilaporkan ada satu kasus rahim yang dimasukkan ke tubuh wanita transgender, namun pasien itu meninggal dunia karena komplikasi beberapa bulan kemudian. Upaya untuk membuat wanita transgender hamil bakal sukses besar dan membutuhkan perawatan kesuburan in-vitro (IVF) serta operasi caesar (C-section), karena mereka tidak memiliki Miss V yang berfungsi penuh.

Dr Kaushik yang menjalankan klinik penggantian kelamin mengatakan, dia sangat optimis bahwa prosedur itu akan berhasil. ** Baca juga: Sebuah Pulau Dekat Las Vegas Tawarkan Liburan Seks Tanpa Batas dengan 100 Pelacur

“Setiap wanita transgender ingin menjadi wanita terbaik, termasuk menjadi seorang ibu. Cara menuju ke arah itu adalah menjalani transplantasi rahim seperti ginjal atau organ lainnya. Ini masa depan, kita tidak bisa memprediksi secara pasti kapan ini akan terjadi tetapi akan segera terjadi,” kata Dr Kaushik.

Namun Dr Kaushik tidak mengungkapkan penerima atau merinci lebih lanjut tentang operasi yang akan dilakukan. “Kami sudah punya rencana dan sangat optimis dengan ini,” ujarnya.

Sementara itu diketahui, biaya transplantasi rahim sekira 50 ribu Pound sterling dan satu siklus perawatan IVF dapat mencapai lebih dari 5.000 Pound sterling.(ilj/bbs)