oleh

Dobel Manfaat, Biji Buah-buahan yang Sebaiknya Tidak Dibuang

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika mengonsumsi buah-buahan yang memiliki biji di dalamnya, Anda tentu hanya akan memakan daging buah dan membuang bijinya. Padahal diketahui, biji yang terkandung di beberapa buah mengandung banyak nutrisi berharga.

Priya Kathpal, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa beberapa biji buah ini aman untuk dikonsumsi dan dijadikan smoothies. Biji buah-buahan apa saja yang sebaiknya jangan dibuang? Dilansir Okezone dari laman Thehealthsite, berikut uraiannya:

1. Biji semangka
Menjadikan biji semangka sebagai camilan dapat menjaga kesehatan kuku, rambut, dan membuat kulit bersinar. Kandungan seng, serat, dan zat besinya merupakan sumber yang baik dari asam sehat.

2. Biji lemon
Biji lemon mengandung asam salisilat yang baik untuk tubuh. Makan satu atau dua biji lemon mampu mengatasi rasa nyeri pada tubuh.

3. Biji pepaya
Biji pepaya mengandung enzim proteolitik, yang mampu menyingkirkan parasit dan cacing yang merugikan kesehatan. ** Baca juga: Jangan Lakukan Ini Agar Ginjal Tetap Sehat

4. Biji kiwi
Biji kiwi memiliki banyak nutrisi yang baik untuk diet. Rutin mengonsumsi biji ini dapat mencegah sembelit dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Biji alpukat
Biji alpukat kaya akan serat larut dan antioksidan. Merupakan salah satu sumber potasium terbaik, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tentu saja Anda dapat mengolah biji buah-buahan ini terlebih dahulu, seperti misalnya dijadikan kuaci. Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru