oleh

DMBSDA Tangsel Rancang SIMANJA Permudah Akses Informasi

Kabar6-Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencoba memanfaatkan dan mengimplementasikan kecanggihan teknologi sebagai penunjang layanan masyarakat.

 

Beragam media saluran komunikasi telah tersedia, salah satunya dengan menginformasikan program yang diunggah lewat dunia maya atau website.

 

Kepala Seksi Data Informasi, Imanudin, mengatakan dirinya mencoba mendesain program Sistem Manajemen Data Jalan Kota dan Jalan Strategis Kota (SIMANJA). Sistem ini bisa diakses oleh siapa pun yang membutuhkan informasi mudah dan cepat.

 

“Melalui sistem ini para stakeholders akan dengan mudah mengetahui data-data yang dibutuhkan. Khususnya terkait kebinamargaan,” terangnya kepada wartawan di Serpong, Jumat (13/8/2015).

 

Imanudin jelaskan, pada SIMANJA data hasil pembangunan/peningkatan jalan kota dan strategis kota akan dipublikasikan. Namun, sebelum dipublikasikan akan ada tim yang melakukan verifikasi.

 

Setelah verifikasi rampung, nantinya data yang sudah didapat berupa nama jalan, panjang jalan, foto jalan dan data lainnya langsung diinput.

 

Fungsi lainnya, yakni sebagai kontrol SKPD dan media informasi bagi yang membutuhkan.

 

“Kita juga sudah sosialisasikan juga dengan para penyedia jasa (kontraktor). Karena mereka juga membutuhkan,” jelasnya.

 

SIMANJA yang masuk dalam proyek perubahan 2015 ini, nantinya akan dikoneksikan dengan website dbmsda.tangerangselatankota.go.id.

 

Untuk mendapat informasi yang dibutuhkan, masyarakat hanya cukup mengetik nama jalan dan lokasi. ** Baca juga: Pilkada Serentak 2015 di Tangsel Dianggap Adem

 

Nantinya, lanjut Imanudin, akan muncul data-data terkait jalan yang dimaksud. Antara lain, panjang jalan, lebar jalan, foto jalan dan lainnya. Informasi data ini akan terus di-update, seiring berkembangnya pembangunan.

 

“Harapan jangka panjangnya, SIMANJA mampu menjadi sumber informasi bagi yang membutuhkan, mulai dari stakeholder maupun bagi pengguna dan penyedia jasa,” tambah peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 57 Provinsi Banten.(yud/cep)

Berita Terbaru