oleh

Ditemukan Ratusan Sepatu Tolak Bala Usia Ratusan Tahun di Inggris

Sepatu tolak bala.(bbs)
Sepatu tolak bala.(bbs)

Kabar6-Ritual tolak bala ternyata tidak hanya milik sejumlah suku di Indnesia saja lho. Diberitakan, sebuah sepatu penolak bala yang terkubur dalam dinding universitas di Inggris selama 300 tahun silam, akhirnya ditemukan oleh para petugas instalasi kabel.

Pada era kepercayaan takhayul, dikutip dari National Geographic, sepatu kulit yang ditemukan itu bertujuan untuk menangkal kekuatan jahat, melindungi orang-orang yang ada di sekolah St John.

Bangunan yang didirikan antara 1598 dan 1602 tersebut sebenarnya adalah rumah tinggal bagi pemilik sekolah. Arkeolog percaya jikasepatu itu dikuburkan dalam dinding selama renovasi interior bangunan, antara akhir abad 17 dan pertengahan abad 18.

Didesain untuk membawa keberuntungan dan menjauhi pengaruh jahat, sepatu seringkali diletakan di samping pintu atau jendela. Dalam kasus Univesitas St John ini, sepatu ditemukan di samping tempat pemadam api, dekat ruang makan staf akademis sekolah.

“Posisinya terletak di antara cerobong asap dan jendela,” ujar Richard Newman, dari Cambridge Archaelogical Unit.

Ditambahkan, sepatu tersebut berperan sebagai pelindung pemilik sekolah, dan kemungkinan salah satunya adalah sepatu miliknya.

Sepatu yang ditemukan berasal dari kaki kiri seorang pria. Ukurannya 9 5/8 inci, dan memiliki lubang besar di alasnya. ** Baca juga: Usia Kandungan Belasan Bulan, Wang Shi Belum Kunjung Melahirkan

Meskipun sepatu adalah pilihan yang paling biasa digunakan untuk menjaga lokasi itu dari ancaman jahat, ada banyak benda-benda yang dikuburkan dalam dinding, atap, dan lantai untuk terhindar dari kekuatan jahat, seperti kucing mati, tulang kuda, dan botol penyihir yang diisi rambut atau urine.(ilj/bbs)

Berita Terbaru