oleh

Ditemukan, Ratusan Kerangka di Kamar Bawah Tanah Panti Penampungan Irlandia

St. Mary, Irlandia.(Galway County Heritage)
St. Mary, Irlandia.(Galway County Heritage)

Kabar6-Ada hal mengerikan yang mengungkap temuan ratusan kerangka anak-anak dalam sebuah kamar bawah tanah gedung bekas penampungan wanita tak bersuami bersama bayi mereka di Irlandia.

Dugaan kekerasan itu berujung pada penggalian di bekas sebuah institusi yang dikelola Gereja Katolik St. Mary di Tuam, Galway, Irlandia.

Hasilnya, dikutip dari National Geographic, terdapat kerangka manusia dalam jumlah siginifikan di 17 dari 20 ruang bawah tanah yang digali dalam beberapa pekan terakhir.

“Sejumlah kecil sisa tulang diambil untuk dianalisa,” demikian penjelasan komisi investigasi. “Sisa-sisa tulang yang ditemukan termasuk individu yang meninggal dunia dari janin berusia 35 pekan hingga anak-anak berusia 2-3 tahun

Komis investigasi menambahkan, penelitian radiokarbon menunjukkan sisa-sisa tulang belulang itu berasal dari masa panti penampungan ibu dan anak ini beroperasi yaitu pada 1925-1961.

Sementara itu, menteri urusan anak-anak Irlandia, Katherine Zappone, menggambarkan penemuan itu sebagai sebuah kabar menyedihkan dan amat mengusik. ** Baca juga: Tidak lagi ‘Menangis’, Jepang Jual Bawang Bombay Bebas Air Mata

“Hingga saat ini kami hanya mendengar rumor. Kini kami memiliki kepastian bahwa tulang belulang itu ada di sana,” ujar Zappone.(ilj/bbs)

Berita Terbaru