oleh

Ditemukan Mumi Berusia 3.000 Tahun dalam Sarkofagus dengan Kondisi Sangat Baik

Kabar6-Sebuah sarkofagus yang ditemukan dalam makam kuno di Luxor, baru saja dibuka oleh Pemerintah Mesir. Hal yang mengejutan, kondisi sarkofagus masih dalam kondisi yang sangat baik, begitu pula dengan mumi di dalamnya. Sarkofagus adalah suatu tempat untuk menyimpan jenazah, umumnya dibuat dari batu.

Mumi berjenis kelamin wanita yang berada dalam sarkofagus itu, melansir allthatsinteresting, diyakini berusia 3.000 tahun. Mumi tersebut ada dalam salah satu dari dua peti terpisah yang ditemukan pada makam yang sama di nekropolis El-Asasef, di tepi barat Sungai Nil, Mesir Selatan. Meskipun pemerintah Mesir telah mengumumkan beberapa penemuan tahun ini, ini adalah pertama kalinya mereka membuka sarkofagus kuno di depan awak media internasional.

Mumi wanita yang ada di dalam peti itu, menurut salah satu pejabat kementerian, bernama Thuya. Namun peneliti masih mempelajarinya lebih lanjut. Makamnya sendiri berasal dari Kerajaan Mesir, hampir 4.000 tahun lalu. Sementara itu di sarkofagus lainnya, para arkeolog mengindentifikasinya sebagai Thaw-Irkhet-if, seorang pendeta yang diketahui kerap mengawetkan beberapa firaun di Kuil Mut, Karnak.

“Salah satu sarkofagus bergaya rishi, dan berasal dari dinasti ke-17. Sementara sarkofagus lainnya berasal dari dinasti ke-18,” kata Khaled Al Anani, Menteri Kepurbakalaan Mesir. ** Baca juga: Operator Pelayaran Norwegia Siapkan Kapal dengan Bahan Bakar dari Ikan Mati

Selain dua sarkofagus, makam itu juga berisi mumi, kerangka, dan tengkorak lain. Juga terdapat seribu patung yang terbuat dari kayu dan tanah liat. Dikenal dengan Ushabti, patung-patung pelayan ini dimaksudkan untuk menemani orang mati dan ‘melayani’ mereka di akhirat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru