oleh

Ditemukan, Gulungan Mantra Sihir Usia 2000 Tahun di Serbia

Gulungan mantera sihir.(Bernas)
Gulungan mantera sihir.(Bernas)

Kabar6-Sebuah gulungan emas dan perak berisi mantra sihir, ditemukan peneliti di timur Serbia, terkubur bersama sebuah jasad manusia yang meninggal 2.000 tahun lalu.

Namun peneliti masih mencoba untuk menerjemahkan apa yang tepatnya mereka katakan, dan kegunaan dari mereka.

“Yang kami ketahui, tulisan ini menggunakan abjad Yunani. Bahasa Aramic. Ini menjadi misteri dari Timur Tengah untuk kami,” ujar kepala penelitian Miomir Korac dari Archeological Institute di Belgrade.

Dikatakan peneliti lain, Illija Dankovic, mereka menemukan nama-nama dari beberapa iblis yang berhubungan dengan wilayah Syria saat ini, demikian dikutip dari National Geographic.

Mantra itu ditemukan dalam lembaran rapuh yang dihiasi banyak simbol. Setiap mantra hanya seukuran bungkus permen, namun masih tetap berharga.

Kostolac, tempat penguburan tersebut merupakan bagian dari Kota Roma antara abad 1 dan 6 M. Prediksi menunjukkan mantra itu terkubur sekitar abad ke 4 M.

Dankovic mengatakan bahwa mantra ini dikuburkan bersama orang-orang yang meninggal karena menjadi korban kekerasan, karena mereka percaya bahwa orang-orang tersebut biasanya kesulitan menemukan kedamaian. ** Baca juga: Simsalabim, Pizza Lezat Keluar dari ATM

“Penemuan ini sangat penting bagi penelitian arkeologi. Karena ini menunjukkan bagaimana kehidupan disana, betapa mereka sangat berharap pada kapsul kutukan tersebut, hingga menggunakan besi yang berharga seperti itu,” ujar Korac.(ilj/bbs)

Berita Terbaru