oleh

Ditemukan ‘Gerbang Menuju Neraka’ pada Sebuah Gua Ngarai Kapur di Inggris

Kabar6-‘Pemandangan’ menakjubkan terdapat dalam sebuah gua ngarai kapur di Midlands, Inggris. Di sana, ditemukan sejumlah ‘mantra dan tanda anti penyihir’ yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Tanda-tanda tersebut, melansir Independent, disebut untuk mencegah roh jahat muncul dari dunia bawah tanah. Ratusan tanda itu diukir pada dinding dan langit-langit gua di Creswell Crags, perbatasan antara Nottinghamshire dan Derbyshire. Penemuan tadi dianggap sebuah koleksi terbesar dari jenis mantra anti sihir yang terdapat di satu tempat di Inggris.

Adalah Hayley Clark dan Ed Waters, dari kelompok Subterranea Britannica, yang menemukan tanda-tanda tersebut selama tur menelusuri gua. Para ahli mengatakan, jumlah dan variasi tanda yang ditemukan di dalam gua belum pernah terjadi sebelumnya. Tanda-tanda itu sebelumnya hanya dianggap grafiti biasa dari zaman sebelum gua-gua ditutup.

Di antara yang paling umum adalah ukiran VV ganda, yang dianggap merujuk pada Maria, Perawan Perawan, dan PM atau Pace Maria, sementara simbol lainnya diyakini sebagai alat untuk menangkap atau menjebak kejahatan, termasuk garis diagonal, kotak dan labirin.

Menurut para ahli, tanda-tanda mantra anti sihir itu tampaknya telah ditambahkan dari waktu ke waktu dan mungkin menunjukkan kebutuhan untuk memperkuat perlindungan terhadap roh-roh dunia bawah tanah sebagai respons terhadap penyakit yang tak terduga, kematian atau tanaman yang buruk.

Hingga kini, jumlah terbesar yang diketahui dari tanda penyihir di gua-gua di Inggris adalah 57 buah di Somerset, sementara jumlah di Creswell Crags jauh lebih banyak. Bahkan mungkin ada lebih banyak di masa lalu, karena gua-gua digali oleh para arkeolog selama abad ke-19 dan diperlebar dalam proses tersebut.

“Tanda-tanda penyihir ini terlihat jelas sepanjang waktu. Hadir pada saat arti penting mereka yang sebenarnya terungkap akan tetap bersama saya selamanya. Tempat yang luar biasa ini terus membuka tabir rahasianya,” kata John Charlesworth, fasilitator peninggalan dan pemimpin perjalanan.

Diketahui, tim yang merawat Creswell Crags sekarang bekerja dengan akademisi dan pakar dari Historic England untuk lebih memahami signifikansi dan luasnya penemuan di situs tersebut.

“Creswell Crags sudah menarik perhatian internasional untuk seni Zaman Es dan sisa-sisa kuno. Untuk menemukan sejumlah besar tanda perlindungan dari masa lalu yang lebih baru menambah lapisan penemuan baru,” jelas Duncan Wilson, kepala eksekutif Historic England.

Ditambahkan, “Kita hanya bisa berspekulasi tentang apa yang orang-orang Creswell khawatirkan akan muncul dari dunia bawah ke dalam gua-gua ini.” ** Baca juga: Dua Kali Ganti Paru-Paru, Wanita Ini Idap Penyakit Genetik

Sementara itu, Creswell Crags akan meluncurkan tur di daerah yang mengandung tanda penyihir itu untuk pertama kalinya mulai akhir Februari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru