oleh

Distribusi Logistik Pilkada ke Pulau, Terganggu Cuaca Dampak La Nina

Kabar6-Distribusi logistik Pilkada 2020 ke Pulau Tunda, Serang diprediksi terganggu cuaca. Di mana saat ini sedang musim hujan efek dari La Nina sehingga untuk menyeberangi ke Pulau Tunda menggunakan perahu dianggap berbahaya.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) prakiraan dampak La Nina terjadi akhir Desember 2020 hingga awal Januari 2021 sehingga akan menggangu proses pendistribusian logistik dan tahap pemungutan suara di daerah terpencil, seperti Pulau Tunda.

“Sementara itu, Polres Serang akan menerjunkan 742 personilnya, dibantu 372 personil TNI untuk menjaga kondusifitas pemungutan suara Pilkada Kabupaten Serang, pada 09 Desember 2020 mendatang,” ujar Mariyono melalui rilis yang dikirimkan Humas Polda Banten, Kamis (19/11/2020).

Untuk Pola Pengamanan di TPS kategori aman, kutip Mariyono, pihaknya memakai pola 2-7-14, atau 2-8-16, atau 2-9-18. Sedangkan untuk daerah rawan, pola yang diterapkan adalah 2-1-2 atau 2-2-4. Dimana dua anggota kepolisian menjaga tujuh TPS bersama 14 anggota Linmas, begitu seterusnya.

“Untuk pelaksanaan Pilkada di wilayah gukum Polres Serang ada 17 kecamatan dengan pelaksanaan di 186 Desa dan terdiri dari 1828 TPS dan ada 680.343 jiwa daftar pemilih,” terangnya.

Selain melakukan penjagaan, pihaknya juga sudah bertemu dengan tokoh masyarakat (tokmas), tokoh agama (toga) hingga para pasangan calon (Paslon), untuk bersama-sama menciptakan pilkada yang aman dan damai.

**Baca juga: Pilkada Tangsel, Dana Fasilitasi APK Paslon Diduga Menguap

Kapolres berharap kepada masyarakat, dalam pelaksanaan pilkada harus berjalan sehat. Karena Pilkada tahun ini berbeda, dilaksanakan saat pandemi covid-19. “Pilkada tahun ini adalah Pilkada yang tahapannya dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga harus sama-sama patuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” jelasnya. (dhi)

Berita Terbaru