oleh

Dispusar Lebak Berharap Makin Banyak Penggiat Literasi

Kabar6-Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusar) Kabupaten Lebak Robert Chandra, menyebut, minat baca masyarakat khususnya anak-anak sudah mulai cukup baik.

Namun yang perlu menjadi perhatian bersama adalah mempersiapkan berbagai fasilitas supaya lebih mendekatkan literasi ke masyarakat.

“Bukan masalah minat bacanya rendah, sedang atau tinggi, tapi bagaimana kita menyiapkan fasilitas-fasilitas seperti perpustakaan keliling, memperkuat taman baca, dan mendorong lebih banyak replikasi TP-BIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial),” kata Robert, Jumat (3/6/2022).

Menurut Robert, terbatasnya media literasi jadi salah satu faktor dalam persoalan meningkatkan minat baca di kabupaten yang memiliki 354 desa dan kelurahan.

**Baca juga: Tiga Parpol Serahkan SK Kepengurusan ke KPU Lebak

Dengan kondisi tersebut, sambung Robert, perlu semakin banyak penggiat-penggiat literasi yang benar-benar memiliki komitmen.

“Bukan dari luar kemudian ke wilayah tersebut, tapi harus pemuda wilayah setempat yang benar-benar mau mengubah dan mendorong (Minat baca). Karena kalau orang dari luar lalu setelah itu dia pergi ya sudah tidak lagi nantinya,” tutur Robert.(Nda)