oleh

Diskominfo Tangsel Kembangkan Sistem Aplikasi Online

Tb Asep Nurudin.(yud)

Kabar6-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencoba merumuskan pengelolaan sistem aplikasi berbasis online yang mudah dan efektif.

Teknologi informasi ini diklaim sebagai upaya komunikasi antara aparatur daerah dengan masyarakat dalam bidang pelayanan publik.

Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian pada Diskominfo Tangsel, Tb Asep Nurudin mengatakan, pengembangan sistem aplikasi yang berlainan bidang tidak dapat disatukan.

Itu karena setiap bidang masalah perlu aplikasi khusus serta terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

“Jadi perlu diklasterkan‎. Setiap pokok persoalan yang sama sebaiknya dibuatkan satu aplikasi khusus,” terangnya di Balaikota Tangsel, Serua, Kecamatan Ciputat, Kamis (9/2/2016).

Ia menyontohkan, seperti aplikasi Simral hasil pengembangan Bagian Pengelola Teknologi Informasi Kota Tangsel sebagai saluran komunikasi antarSatuan Kerja Perangkat Daerah setempat.

Kemudian ada aplikasi Simponi yang diperuntukan bagi pengusaha yang ingin mengurus rekomendasi perizinan. Keduanya punya persoalan dan peruntukan masalah berbeda sehingga perlu dipisahkan.**Baca juga: Pelaku Pencuri Motor Nyaris Tewas Dihakimi Massa.

Asep bilang, konsep smart city merupakan perpaduan sistem teknologi informasi yang saling terintegrasi. Sedangkan aplikasi Siaran Tangsel yang akan diluncurkan dalam waktu dekat merupakan jembatan komunikasi antara Pemkot Tangsel dengan warga sekitar.**Baca juga: Ormas di Tangsel Nyaris Bentrok di Autopart BSD.

‎”Dalam rangka membuka diri kita supaya masyarakat itu tahu. Masalah terbesar kita itu ketika masyarakat itu tidak tahu harus mengadukan kemana soal layanan publik,” terang Asep.(yud)

Berita Terbaru