oleh

Dishub Kaji Jalur Pengganti M1 Bandara Soetta

Kabar6-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, saat ini tengah mengkaji pembukaan jalur karantina menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Pasalnya, jalur tersebut akan digunakan sebagai pengganti jalur M1 (jalur belakang Bandara Soetta) dari arah Kota Tangerang. Sedangkan M1 akan ditutup pada Mei 2014 mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Lalu Lintas Dishub Kota Tangerang, Bambang Dewanto mengatakan, masyarakat tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kebutuhan pintu M1.

Karena, M1 sudah cukup menjadi salah satu akses menuju Bandara Soekarno Hatta dari kawasan Kota Tangerang, melalui Jalan Surya Darma.

Namun, masyarakat juga harus memahami, bahwa pembangunan infrastruktur perkeretaaapian di Bandara Soetta merupakan sebuah kebutuhan, meski untuk sementara harus menutup pintu M1.

“Kalau keluar dari arah Bandara Soekarno Hatta sudah ada. Yakni melalui jalur Parimeter Selatan. Sekarang yang jadi PR adalah dari mana jalur masuk pasca pintu M1 ditutup total nanti,” ujarnya, Kamis (03/4/2014).

Untuk itu, lanjut Bambang, solusi yang saat ini sedang dipikirkan adalah dengan mengaktifkan jalur karantina. Sebab, kata dia, jalur tersebut terletak tidak jauh dari Pintu M1.

“Tinggal bagaimana nanti kesepakatan dengan pihak bandaranya. Kajian kami sih, jika jalur karantina dibuka, maka pengendara tidak usah repot memutar di jembatan yang menghubungkan Jalan Surya Darma dengan akses menuju jalur Perimeter Selatan,” paparnya.

Sementara itu, Manajer Umum PT Angkasa Pura II Yudis Tiawan mengatakan, hal tersebut bisa jadi pertimbangan positif. Apalagi, tambah dia, jalurnya cukup mudah.

Hanya saja, untuk hal itu dibutuhkan koordinasi dan kerja keras Dishub Kota Tangerang, dalam melakukan rekayasa lalu lintas. “Jalurnya memang cukup mudah. Hanya lurus dan masuk ke jalur parimeter selatan,” katanya.(ges)

Berita Terbaru