oleh

Dishub Cilegon Jamin Pemudik Tidak Telantar

Kabar6-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Terpadu Merak (TTM) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon menjamin pemudik yang akan menggunakan jasa transportasi bus tidak akan telantar.

 

Demi kelancaran arus mudik Lebaran 2015, sebanyak 510 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) disiagakan. Jumlah tersebut belum termasuk 120 armada cadangan yang siap dioperasikan saat terjadi lonjakan pemudik. ** Baca juga: Bayi Perempuan Gegerkan Warga Ciputat

 

Kepala Terminal Terpadu Merak (TTM), Iwan Yuhendra, mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan armada bus yang ada guna mengantisipasi terjadinya penumpukan pemudik di terminal, khusunya saat puncak arus mudik nanti.

 

“Untuk hari-hari biasa jumlah armada bus yang menggunakan terminal sekitar 320 armada. Namun, pada arus mudik nanti akan kita optimalkan menjadi 510 armada dan ada juga 120 bus tambahan jika terjadi lonjakan penumpang,” kata Iwa ditemui di TTM, Kecamatan Pulomerak, Rabu (1/7/2015).

 

Armada bus yang disiapkan, akan melayani pemudik dari beberapa terminal di Jakarta dan sekitarnya yang hendak turun di TTM untuk selanjutnya menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

 

“Saat arus mudik nanti dipastikan banyak pemudik dari Jakarta dan sekitarnya, seperti dari Terminal Kampung Rambutan, Bekasi, Bogor, Pulgadung, Tanjung Priok, dan lainnya yang hendak menyeberang ke Bakauheni. Karena itu armada yang siap beroperasi ditambah agar semua penumpang bisa terangkut,” ujarnya.

 

Selain melakukan penambahan armada bus, UPTD Terminal Merak juga mendirikan Pos Pengamanan Lebaran dan kesehatan di dalam terminal. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan senyaman mungkin kepada penumpang selama arus mudik Lebaran berlangsung.

 

Untuk menunjang arus mudik dan balik tahun ini, Dinas Perhubungan juga akan menyiagakan pos pengujian kelaikan kendaraan yang berlaku hingga H-7 lebaran.

 

“Seluruh armada bus yang ada disini akan diuji kelayakannya. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik,” kata Iwan.(tmn/din)

Berita Terbaru