oleh

Diserang Hama, Belasan Hektar Padi di Serang Dikhawatirkan Gagal Panen

Kabar6-Belasan hektar tanaman padi yang ditanam pada musim gadu saat ini di Desa Kalangsuria, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, diserang hama kupu – kupu  akibatnya  sebagaian  padi menjadi putih dan memerah layu, sehingga terancam gagal panen.

Suparman,  petani  di Karangsuria mengatakan, sudah dua kali tanaman padinya itu terserang hama dan terancam gagal panen karena   hama kupu – kupu menyerang tanaman padinya ketika baru berumur sebulan lebih.

Sementara itu, di wilayah Kalangsuria, serangan hama hampir merata dan kebanyakan para petani kesulitan untuk membasmi hama tersebut.

Karena, obat pembasmi saat ini digunakan para petani masih belum mampu mengatasi atau membasmi hama itu.

“Serangan hama hampir merata, dan para petani tidak bisa berbuat apa-apa lantaran obat yang digunakan tidak bisa diandalkan.

Serangan hama ini, dimungkinkan karena pasokan air pun berkurang dan hama sering menyerang dipagi hari,” ungkap  Eman, 63,  warga  Dusun Gambarsari, Desa Kalangsuria.

Eman, menceriterakan,  hama kupu-kupu saat ini sering menghantui petani yang padinya tengah beranjak subur. Saat ini pula,  petani biasanya tidak bisa mengatasi hama kupu-kupu itu. Akibatnya, petani sering mengalami kerugian karena tanaman padi mereka rusak.

Tanaman padi yang terserang hama kupu-kupu ini, batangnya akan menguning dan tak lama kemudian isi padinya kosong. Petani  kesulitan memberantas hama ini, baik dengan cara manual atau pun dengan obat  namun semuanya tidak membuahkan hasil. (pk/sak)

 

Berita Terbaru