oleh

Disebut Belum Terbukti Efektif, Pemerintah Belanda Tidak Sarankan Warganya Pakai Masker

Kabar6-Pemerintah Belanda tidak akan menyarankan warganya untuk memakai masker untuk memperlambat penyebaran virus Corona, karena keefektifan masker belum terbukti.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Menteri Perawatan Medis Tamara van Ark, setelah ditinjau oleh National Institute for Health (RIVM). Dalam konferensi pers di Den Haag, melansir Detik, Van Ark mengatakan pemerintah sebaliknya akan mencari kepatuhan yang lebih baik terhadap aturan sosial jarak setelah lonjakan kasus Corona terjadi di Belanda.

“Karena dari perspektif medis tidak ada efektivitas masker yang terbukti, Kabinet telah memutuskan bahwa tidak akan ada kewajiban nasional untuk mengenakan masker non-medis,” ungkap Van Ark.

Keputusan itu tentu saja berlawanan dengan tren di banyak negara Eropa yang menjadikan masker wajib di toko-toko atau area outdoor yang ramai. ** Baca juga: NASA Luncurkan Perseverance dan Berharap Temukan Bekas Kehidupan di Mars

Kepala RIVM, Jaap van Dissel, mengatakan bahwa organisasi tersebut menyadari adanya penelitian yang menunjukkan masker membantu memperlambat penyebaran virus, tetapi tidak yakin masker akan membantu selama wabah Corona saat ini di Belanda.

Nemurut pendapat vab Dissel, memakai masker secara tidak benar, ditambah dengan buruknya kepatuhan terhadap aturan jarak sosial, dapat meningkatkan risiko penularan.

“Jadi kami berpikir bahwa jika Anda akan menggunakan masker (dalam pengaturan publik)…maka Anda harus memberikan pelatihan yang baik untuk itu,” imbuhnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru