oleh

Dinsos Lebak Sebut Bansos Covid-19 Tepat Sasaran

Kabar6-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak meyakini, tidak akan ada warga yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19 yang tidak sampai mendapat bantuan sosial tunai (BST).

Hal itu dikatakan Kepala Dinsos Lebak Eka Darmana Putra seusai launching BST APBD Lebak tahap pertama, di Kantor Pos Rangkasbitung, Sabtu (6/6/2020).

“(BST) ini kan 4 sumber; APBN, APBD I dan II serta Dana Desa (DD). Jadi ini sangat mungkin masyarakat yang terdampak Covid-19 semua bisa terintervensi, tidak mungkin sampai ada yang lolos kalau kita komitmen membantu mereka diusulkan oleh desa,” kata Eka kepada Kabar6.com.

**Baca juga: Pemkab Lebak Cairkan Bansos Tunai Covid-19.

Untuk BST yang bersumber dari APBD II (Kabupaten) ada sebanyak 32.370 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan besaran Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan. Kemudian sebanyak 132.339 keluarga dicover oleh APBN, 10.425 dicover APBD I (Provinsi) dan 18.669 oleh DD.

“Kami target penyaluran BST APBD ini 3 sampai 4 hari selesai, karena ini bertahap. Pola, mekanisme dan sistem penyalurannya sama dengan BST pusat sehingga bisa cepat dan tepat waktu,” terang Eka.(Nda)

Berita Terbaru