oleh

Dinsos Kab Tangerang Fokus Soal Kemiskinan di Zona Merah

Kabar6 – Kemiskinan yang dialami sejumlah warga di tiga desa yang berada di zona merah di Kabupaten Tangerang menjadi perhatian pihak dinas sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Arsyad Husen mengatakan, pihaknya akan fokus memberdayakan warga miskin tersebut dengan memberikan pelatihan dan juga modal usaha.

“Kami berdayakan warga miskin itu dengan memberikan pelatihan dan ketrampilan serta permodalan usaha,” kata Arsyad Husen kepada Kabar6, Selasa (28/03/17).

Data kemiskinan yang berhasil dikumpulkannya, berada di zona merah di tiga desa yakni, Desa Kiara, Desa Pangkalan dan Desa Sarakan di tiga kecamatan di wilayah pesisir atau Tangerang Utara.

Memberantas kemiskinan di tiga desa itu disebutkan Arsyad dengan menggunakan uang dari Pemkab, Pemerintahan Provinsi hingga pemerintahan pusat.

“Warga di zona merah mayoritas berdomisili di wilayah pesisir, dengan mengandalkan penghasilan dari menangkap ikan di perairan Laut Jawa. Pemberdayaan terhadap mereka dengan menggunakan uang dari pemerintah. Agar yang tadinya bekerja sebagai buruh tambak ikan dan udang serta petani penggarap lahan milik orang lain, bisa mandiri,” katanya.

Sayangnya pria berkumis ini tidak menjelaskan berapa jumlah warga miskin di zona merah tersebut. Ia menambahkan selain para kaum pria yang diberdayakan, pihak istri atau kaum perempuan juga akan diupayakan bisa memberikan tambahan penghasilan untuk keuangan keluarga.

“Para wanita tersebut rencananya juga akan diberikan pelatihan tata boga, tata rias, usaha kuliner, ketrampilan menjahit, serta kerajinan anyaman,” tandasnya.(nal)

 

Berita Terbaru