oleh

Dinkes Lebak Kirim 16 Sampel Suspek Omicron ke Balitbang Kemenkes

Kabar6-Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lebak kembali naik. Sebanyak 16 warga Lebak dari hasil pemeriksaan dinyatakan terkonfirmasi positif.

Merebaknya varian Omicron di tanah air disikapi serius oleh Pemerintah Kabupaten Lebak. Enam belas sampel tersebut lalu dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) ke Balitbang Kemenkes untuk memastikan apakah belasan pasien terpapar Omicron.

“Iya karena statusnya suspek atau dicurigai (Omicron) maka untuk memastikan ada 16 yang dikirim ke Balitbang. Pertama 3 sampel lalu menyusul 13 sudah dikirim,” kata Firman kepada Kabar6.com, Kamis (27/1/2022).

Dinkes Lebak harus memastikan karena CT value belasan pasien Covid-19 tersebut tergolong rendah. Kemudian, pasien juga memiliki riwayat bepergian dari zona dengan risiko tinggi penularan.

“Pemeriksaan SGTF (S-gene Target Failure) untuk tiga sampel pertama itu sudah keluar, hasilnya probable Omicron dan tinggal menunggu pemeriksaan WGS (Whole Genome Sequencing), jadi kalau dua pemeriksaan ini muncul dipastikan positif. Sementara yang 13 sampel masih suspek karena belum ada hasil SGTF-nya,” papar Firman.

**Baca juga: Waspada! Kasus Covid-19 di Lebak Mulai Naik Lagi

Dia menyebut, meski ada sebagian pasien suspek Omicron tersebut yang bergejala, namun tidak menunjukkan gejala berat.

“Ada yang bergejala sedang dan ringan, ada juga yang tidak sama sekali,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru