oleh

Dimulai 15 Januari, Warga di Tangsel Dapat Memilih Dimana Akan Divaksin

Kabar6-Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Tangerang Selatan akan dimulai pada tanggal 15 Januari 2021 di 67 fasilitas kesehatan (faskes).

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany menerangkan, 67 fasilitas kesehatan diantaranya adalah 29 Puskesmas, 1 Rumah Sakit Umum Daerah, 23 Rumah Sakit Swasta.

“29 Puskesmas dan 24 Rumah Sakit Umum Daerah dan Swasta, karena Daerah kita cuma satu jadinya 23 nya kita Swasta plus 14 nya klinik,” ujarnya, ditulis Rabu (13/1/2021).

Airin menjelaskan, nantinya dalam pendistribusian vaksinasi akan menggunakan Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE).

“Jadi nanti mulai tanggal 15 itu nanti ada SMS blast yang disampaikan tadi contoh saya dikasih tau Dr. Allin dapet SMS blast, setelah itu ada registrasi ulang setelah itu nanti akan menentukan titik dimana dan sebagainya,” ungkapnya.

Setelah itu, Airin menjelaskan, setelah masyarakat menentukan titik akan divaksin, maka nantinya terlihat jelas data, banyaknya vaksin di Puskesmas A ataupun B.

“Baru nanti setelah ketauan, berapa misalnya yang memilih di Jurang Mangu, Dinas Kesehatan nanti otomatis mendrop untuk vaksinnya juga, nanti dikirim,” paparnya.

Selain itu, Airin mengatakan, yang akan divaksin juga langsung diberitahu untuk datang jam berapa dan bagian keberapa.

“Yang akan divaksin harus datang jam berapa dan bagian keberapa, untuk mengurai tidak boleh ada kerumunan dan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kadinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti menerangkan, untuk tahap pertama termin kesatu Provinsi Banten akan mendapatkan 14.560 vaksin yang akan didistribusikan di dua Kota.

“Didistribusikan di dua kota sesuai dengan arahan Kemenkes yaitu Kota Tangsel (sebanyak, red) 8901 dan di Kota Serang 3800 (vaksin, red),” terangnya.

**Baca juga: Teknik Informatika Unpam Gelar PKM di Parung Panjang

Kemudian cara pendistribusiannya sendiri, Ati menjelaskan, akan dijemput oleh mobil dan akan didampingi oleh Kapolres masing-masing Kota/Kabupaten.

“(Vaksin, red) disimpan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru