oleh

Dikonsumsi Berlebihan, Makanan dan Minuman Ini Bisa Perburuk Suasana Hati

Kabar6-Ada berbagai jenis makanan dengan sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Namun di sisi lain, apabila dikonsumsi secara berlebihan, tentu saja akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Salah satunya adalah memperburuk suasana hati atau mood. Melansir Huffpost, berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa memperburuk suasana hati:

1. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara teratur atau berlebihan dapat memperburuk suasana hati. Studi menunjukkan, alkohol memiliki beberapa dampak kesehatan jangka panjang.

2. Soda
Soda mengandung gula yang bisa diserap tubuh dengan cepat, menyebabkan lonjakan gula yang diikuti oleh rasa lelah yang parah. Air putih dan teh adalah alternatif minuman yang lebih baik.

3. Kafein
Batasi konsumsi teh dan kopi berkafein karena dapat menyebabkan otak melepaskan dopamin dan serotonin. Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan iritabilitas, agitasi, dan kecemasan yang merupakan bagian dari suasana hati.

4. Makanan yang dipanggang
Cookies atau buah yang dipanggang dapat memperburuk suasana hati karena kandungan gulanya dengan cepat terurai menjadi glukosa dan memicu lonjakan, serta kehancuran gula darah.

5. Kentang goreng
Kentang goreng penuh dengan lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan garam berlebih. Pilihlah makanan yang dapat membantu otak menerima aliran bahan bakar secara lebih konsisten agar berfungsi dengan lebih baik.

6. Makanan olahan
Makanan olahan mengandung gula rafinasi, lemak jenuh, dan pengawet dalam jumlah besar. Selain itu, makanan olahan juga dikaitkan dengan dampak membuat tubuh cepat lelah.

7. Bagel
Bagel dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang kemudian diikuti dengan perubahan suasana hati. Cobalah beralih dengan mengonsumsi beras merah atau roti gandum.

8. Daging kemasan
Daging yang telah dipotong dan dikemas biasanya penuh dengan pengawet dan zat aditif yang dapat menghisap energi, menyebabkan perubahan suasana hati dan perut kembung. ** Baca juga: Hindari Sarapan dengan Beberapa Menu Ini

Suasana hati yang stabil membuat aktivitas harian Anda menjadi lancar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru