oleh

Dikbud Tangsel Rencanakan Alokasi Dana Subsidi SPP Siswa SMP Swasta

Kabar6-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rencanakan mengalokasikan dana untuk mensubsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) kepada siswa yang bersekolah di SMP Swasta.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dikbud Tangsel, Deden Deni kepada Kabar6.com di Kantor Dikbud Tangsel, Balai Kota, Ciputat, Rabu 6 April 2022.

Meski begitu, Deden menjelaskan, akan ada beberapa kriteria kepada siswa maupun sekolah swasta yang mendapatkan subsidi dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel.

“Siswa daftar di Negeri tidak diterima, kemudian tidak diterima dengan berbagai alasan, zonasi atau bagaimana, siswa yang tidak mampu,” ungkapnya.

“SMP nya tadi kurang lebih ada 17 siswa, terutama akreditasinya, jumlah siswanya, swasta sama nilai SPP nya besar atau enggak,” tambahnya.

Menurutnya, hal ini adalah sikap dari kebutuhan dari beberapa kelurahan yang tidak terdapat SMP Negeri di lingkungannya. Dari data yang tercatat, hanya ada 20 kelurahan yang terbackup SMP.

“Karena ada baru berapa ya dari 54 kelurahan, baru ada 20 kelurahan yang terdapat SMP, berarti kan 1 kelurahan yang SMP nya tidak 1, kita lihat kita harus bijak juga,” jelasnya.

**Baca juga: Ngobrol Bareng Legislator: ‘Masyarakat Digital yang Berbudaya Indonesia’

Dijelaskan Deden, untuk sekolah swasta yang mendapatkan subsidi juga dilihat dari besaran SPP nya, dan Dikbud Tangsel tidak asal memilih sekolah swasta tersebut.

“Justru kita nyari sekolah yang SPP nya sesuai dengan alokasi yang kita siapkan, itu tadi balik lagi ke akreditasinya, jumlah siswanya, itu juga menjadi pertimbangan,” tutupnya.(eka)