oleh

Diguyur Hujan, Rumah Warga di Batu Bolong Kebanjiran

Kabar6-Diguyur hujan kurang lebih enam jam, puluhan rumah di lingkungan Bukit Batu Bolong Sukasari, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulo Merak, Kota Cilegon, terendam banjir, Rabu (16/12/2015).

 

Sedikitnya ada 42 rumah dari 75 kepala keluarga (KK) di wilayah tersebut yang terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

 

Sekretaris Camat Pulomerak, Muhammad Hatta, mengatakan banjir yang menggenangi puluhan rumah di Lingkungan Sukasari sudah biasa terjadi setiap kali memasuki musim penghujan.

 

Banjir itu karena rumah warga merupakan daerah pemukiman dataran rendah. “Iya di sana sudah sering banjir, karena daerah dataran rendah, sedikitnya ada 42 yang terkena banjir,” ujar Hatta di kantornya.

 

Untuk menguras air yang merendam pemukiman warga itu, lanjut Hatta, dibutuhkan mesin pompa air. Itu lantaran wilayah itu tidak memiliki jalur pembuangan dan drainase yang baik.

 

“Kalau tidak pakai alat, airnya susah dibuang. Karena posisinya jeglong ke bawah. Kita sudah beberapa kali mengajukan mesin pompa air ke PU (Dinas Pekerjaan Umum), tapi sampai sekarang belum terealisasi,” jelasnya.

 

Selain bencana banjir, Hatta menyebut bila warga dilingkungan tersebut juga selalu dihantui kekhawatian terjadinya musibah longsor. Mengingat pemukiman warga berada tepat dibawah perbukitan. ** Baca juga: Longsor di SDN Kalanganyar Berpotensi Merembet

 

“Di sana banyak tebing, kita juga sering khawatir terjadi longsor. Makanya kami selalu mengimbau warga untuk waspada,” ungkapnya.(sus)

Berita Terbaru