oleh

Diet Tanpa Rasa Lapar dengan Kurangi Porsi Makan

Kabar6-Hal pertama yang dilakukan sebagian besar orang saat melakukan diet adalah mengurangi porsi makan. Meskipun sekilas terdengar mudah, bagi mereka yang sudah terbiasa makan kenyang, hal ini ternyata cukup sulit untuk dijalankan.

Bagaimana agar mengurangi porsi makan menjadi mudah dilakukan? Melansir beberapa sumber, ada tiga cara mudah yang disarankan. Apa sajakah itu?

1. Gunakan mangkuk kecil
Sebagian besar orang biasanya mengisi piring hingga 70 persen dari berapapun ukuran piring yang digunakan. Saat diet, cobalah untuk tidak menggunakan piring yang biasanya Anda gunakan untuk makan.

Gunakan mangkuk atau piring yang lebih kecil. Bila Anda menggunakan piring atau mangkuk dengan ukuran kecil, pasti isinya juga akan lebih sedikit dibanding menggunakan piring ukuran besar.

Penggunaan warna yang berbeda pada tempat makan juga cenderung membuat orang menekan napsu makannya. Para peneliti menyebutkan, warna piring sebagai tanda penghenti napsu makan seseorang yang sering tidak bisa dikontrol.

“Orang akan mengambil porsi yang lebih banyak, karena mata mereka ditipu. Perbedaan warna pada perangkat makan seperti piring atau mangkuk bisa menghapus ilusi itu,” urai Brian Wansink dari Cornell University’s Food and Brand Lab.

Hal ini disebabkan karena ketika warna piring dan makanan berbeda, maka seseorang seolah mendapat ‘pesan’ dan pengingat diri mereka sendiri mengenai jumlah porsi yang cukup.

2. Ambil karbohidrat paling akhir
Kebiasaan banyak orang adalah mengisi piring dengan karbohidrat terlebih dahulu sehingga membuat porsinya paling banyak. Cobalah mengisi piring dengan sayuran dan protein terlebih dahulu sehingga Anda bisa makan karbohidrat lebih sedikit tanpa merasa lapar.

3. Minum segelas air putih sebelum makan
Minum segelas air putih sebelum makan adalah trik ampuh mengurangi porsi makan karena Anda sudah merasa setengah kenyang. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan atau buah sebelum makan.

Agar Anda tidak merasa terbebani saat mengurangi porsi makan, cobalah fokus pada satu kegiatan saja. Misalnya makan tanpa perlu nonton TV atau sambil bekerja di depan laptop. Dengan cara ini Anda tidak akan terpancing untuk makan banyak dan bisa berhenti makan meski porsi berkurang. ** Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat yang Bantu Hilangkan Stres

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru