Home / Aneka Berita / Sehat / Diet Gula Miliki 5 Manfaat Bagi Tubuh
Ilustrasi/bbs

Diet Gula Miliki 5 Manfaat Bagi Tubuh

Kabar6-Gula merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi, mengoperasikan dan memelihara sejumlah fungsi organ dalam tubuh. Meskipun demikian, asupan gula yang berlebih bisa merusak kesehatan, seperti memicu hipertensi, diabetes hingga kerusakan jantung.

Nah, apa yang akan terjadi ketika Anda melakukan diet gula? Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima manfaat diet gula bagi tubuh:

1. Kulit jadi lebih awet muda
Penelitian menunjukkan, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan molekul efek berantai yang disebut glycation, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas. Penelitian juga menyimpulkan, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis memicu tanda-tanda awal penuaan seperti keriput.

2. Bantu kurangi penumpukan lemak di perut
Diet gula akan membantu Anda memperbaiki kondisi jumlah lemak dalam tubuh. Mengurangi makanan tinggi gula bisa mengurangi terakumulasinya lemak di sekitar organ vital seperti hati, pankreas dan usus besar.

Secara khusus, diet gula membantu menghapus atau mengurangi penumpukan lemak di perut. Dengan demikian Anda akan memiliki risiko lebih rendah menderita masalah kesehatan akibat tumpukan lemak.

3. Lebih berenergi
Asupan gula dari karbohidrat memang penting untk meningkatkan energi tubuh, Namun saat Anda menambah asupan gula yang bersumber dari makanan non karbohidrat, hal ini justru akan membuat energi hilang, bahkan Anda lebih cepat lelah

4. Kurangi risiko obesitas & diabetes
Jika Anda secara teratur mengonsumsi makanan manis, itu artinya secara sengaja menambah ratusan kalori. Tubuh hanya dapat menyerap jumlah kalori secara terbatas, sehingga sisanya akan dikonversi menjadi lemak. Nah, jika terjadi penumpukan lemak risiko terkena diabetes pun meningkat.

5. Bantu menjaga jantung lebih sehat
Jika Anda mengonsumsi lebih banyak gula dalam makanan sehari-hari, maka semakin berada pada risiko tinggi kematian akibat masalah kardiovaskular. ** Baca juga: Gampang Marah Bikin Umur Pendek

Jaga konsumsi makanan dan minuman manis sehari-hari agar tidak terlalu berlebihan.(ilj/bbs)

Check Also

Normalnya, Berapakali Wanita Berkemih dalam Sehari?

Kabar6-Seringkali karena toilet yang jauh jaraknya, atau sedang sibuk dengan pekerjaan, sebagian wanita malas berkemih ...