oleh

Diduga Akibat Konseling Listrik, Ponpes di Pandeglang Terbakar

Kabar6- Kejadian naas dialami Pondok Pesantren Asalafiah Nuruldzulam milik Ustad Sukatma di Kampung Babakan Pasir RT002 RW010, Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang.

Dimana tempat tersebut dilalap si jago merah Sabtu, 17 September 2022, sekira pukul 21.30 WIB. Beruntung musibah kebakaran melanda Ponpes tidak sampai menimbulkan korban jiwa hanya saja pemilik mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pandeglang Endan Permana mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi semalam.

“Menghanguskan enam kobong atau kamar. Saat itu Ponpes sedang kosong karena ditinggal para santrinya yang mengikuti pengajian di majelis,” katanya.

Akibat peristiwa tersebut sebanyak enam lokal (Blok) kamar santri ludes terbakar yang diduga disebabkan dari krosleting listrik. Api berasal dari salah satu kamar santri lalu merambah ke kamar lain yang diketahui salah satu santri.

Endan menjelaskan, kobaran api begitu cepat melahap bangunan kobong karena memang terbuat dari bahan mudah terbakar. Materialnya dari bambu dan kayu.

“Beruntung tidak sampai menimbulkan korban luka dan jiwa. Hanya saja pemilik mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp50 juta,” katanya.

**Baca juga: Delapan Tahun Tak Ada Kenaikan, Hiswana Ajukan Perubahan HET Gas LPG ke Bupati Pandeglang

Penyebab kejadian diduga dari korsleting listrik karena secara tiba-tiba api muncul dari sebuah kobong atau kamar. Kemudian menjalar membakar enam kobong.

“Saat ini api sudah berhasil dipadamkan oleh Tim Reaksi Cepat BPBD beserta santri dan warga setempat. Dengan mengerahkan 2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran,” katanya.(aep)