oleh

Diduga Ada Kecurangan UN di SMA 6 Kabupaten Tangerang

Kabar6-Praktik kecurangan dalam Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun ajaran 2013/2014, dengan menggunakan kunci jawaban diduga terjadi di SMA 6 Kabupaten Tangerang.

Pengawas Independen yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dugaan praktik kecurangan tersebut diketahui saat pengawas melakukan monitoring ke ruang kelas.

“Kami menemukan kecurangan yang dilakukan siswa, dengan menggunakan kertas kecil yang sudah terisi jawaban dari masing-masing soal,” terang pengawas itu lagi kepada kabar6.com, Rabu (16/4/2014).

Tidak hanya dilakukan penyitaan terhadap alat bukti, lanjut pengawas itu lagi, pihaknya juga menemukan adanya kekurangan kertas soal.

“Langkah yang kami lakukan adalah dengan menyita alat bukti dan selanjutnya melaporkan hal itu ke Dinas Pendidikan Provinsi Banten,” terangnya.

Sementara, Humas SMA 6 Kabupaten Tangerang, Unsa Maulana yang dikonfirmasi membantah adanya siswa yang melakukan praktik kecurangan. Sebaliknya, pihak sekolah mencurigai pengawas independent memanipulasi informasi.

“Sejauh ini, kami yang mengetahui siswa-siswa kami. Dan, tidak ada yang menggunakan kunci jawaban untuk soal UN yang berjumlah 20 paket tersebut,” tegas Unsa lagi. **Baca juga: Jenazah ABG “Ditelan” Cisadane Ditemukan.

Untuk diketahui, setidaknya terdapat 267 siswa yang mengikuti UN di SMA 6 tersebut. Proses dilakukan di 15 ruang kelas, meliputi untuk IPA 7 ruang dan IPS 8 ruang.(agm)

Berita Terbaru