oleh

Dialog Kebangsaan: Primordialisme Kekuatan Indonesia

Kabar6-Kekuatan Indonesia berupa perbedaan primordialisme, banyaknya suku bangsa, budaya, sampai bahasa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Di Ambon, umat muslim dan Kristen bisa saling membantu membangun rumah ibadah nya. Tapi sekarang sebentar-bentar ini enggak boleh, itu enggak boleh,” kata Alissa Wahid, putri pertama Gus Dur, dalam diskusi Mengokohkan Kebangsaan, Merawat Kebhinekaan, di Stasiun Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin (18/02/2019).

Indonesia tidak akan pernah goyah, Meksi diterpa berbagai isu negatif. Karena Indoensia memiliki Bhineka Tunggal Ika.

“Saya secara pribadi ingin mengajak bapak ibu bahwa kita punya kepribadian banyak. Saya orang Jombang, KTP saya Jogja, saya juga Indonesia,” terangnya.

Alissa Wahid mengingat kembali pelajaran yang pernah di ejekan oleh kyai nya. Jika ingin Islam menjadi Rahmatan Lil Alamin, maka harus mengamalkan tiga prinsipnya, yakni pertama membangun persaudaraan umat muslim.

Kedua membangun persaudaraan sesama anak bangsa dan ketiga persaudaraan sesama umat manusia.**Baca juga: Kecamatan Kelapa Dua Gelar Musrenbang 2019-2020.

“Kalau ada pesan membuat anda emosi, saat nya anda berhenti sejenak. Cari informasi yang lebih lengkap. Karena informasi itu memang dibuat untuk membuat kita emosional,” jelasnya.(dhi)

Berita Terbaru