oleh

Di Usia Berapa Orang Merasa Paling Bahagia?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Senantiasa bahagia adalah salah satu hal yang diinginkan manusia. Beberapa percaya bahwa pada usia 20-an, adalah periode keemasan dalam kehidupan seseorang. Namun penelitian terbaru menunjukkan fakta berbeda. Dikutip dari wolipop.detik.com, rata-rata puncak kebahagiaan dan kematangan karier seseorang justru terjadi di usia 30 hingga 40-an.

Sejumlah peneliti telah melakukan investigasi mendetail untuk mengetahui periode kunci dari usia seseorang.

Ditemukan bahwa manusia merasa paling percaya diri di usia 31 tahun, merasa paling bahagia di usia 39 tahun, dan mencapai keberhasilan karier di usia 38.

Untuk asmara, hasil studi menunjukkan bahwa orang merasa hubungan dengan pasangan terasa paling mantap di usia 40 tahun.

Penelitian yang melibatkan 2.000 pria dan wanita dewasa ini menjelaskan, setelah melewati usia 30, orang mulai merawat dan menjaga dirinya sendiri dengan seksama.

Mereka juga lebih peduli terhadap kesehatan sehingga rata-rata responden yang berada di periode usia ini merasa lebih sehat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam hal kemapanan, memang memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicapai. Rata-rata orang baru merasakan hidupnya telah mapan dan memiliki kekuasaan di usia 47 tahun ke atas.

Sementara itu esensi kebahagiaan dalam hidup yang sebenarnya, baru dirasakan begitu usia menginjak 39 tahun. Alasannya, pada usia itu rata-rata orang telah memiliki rumah sendiri, hidup mapan dan berkomitmen dengan pasangan dan telah menikmati karier.

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa pada usia 33 tahun,ata-rata orang mulai terpikir mencari belahan jiwa. Berkencan bukan sekadar untuk bersenang-senang, tapi mendapatkan pasangan untuk menghabiskan waktu hidup bersama-sama.

“Yang menarik, penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar pencapaian dalam hidup didapatkan saat usia 30-an. Ini karena kita telah menyelesaikan beberapa hal yang mendasar: saat kita berusia 20-an, kita lulus kuliah, mulai bekerja, menjalin hubungan asmara, mengalami banyak kegagalan dan belajar dari kesalahan dan memahami apa yang benar-benar diinginkan dalam hidup,” jelas Psikolog Donna Dawson, seperti dikutip dari Female First.

Saat menginjak usia 30-an, urai Donna, kita masih mengejar karier namun jadi lebih yakin dengan apa yang ingin dicapai. Hal itu membuat seseorang jadi lebih percaya diri dan mendapatkan kepuasan diri secara umum. ** Baca juga: Anda Mulai Kehilangan Teman di Usia Ini

Bagaimana dengan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru