oleh

Di Shenzen, Lahir Bayi dengan Empat Tangan dan Empat Kaki

Kabar6-Seorang wanita bernama Ya melahirkan bayi yang memiliki empat tangan dan empat kaki, di sebuah rumah sakit Kota Shenzen, Provinsi Guangdong, Tiongkok.

Tim medis rumah sakit lantas menempatkan bayi Ya dalam ruangan ICU. Pada tubuh bayi itu, melansir SCMP, melekat janin parasit dengan tangan dan kaki namun tanpa kepala atau jantung, yang membuat bayi tersebut berkaki empat dengan empat tangan. Disebutkan, janin parasit itu akan mengancam nyawa si bayi.

“Kami menemukan bayi tersebut memiliki penyakit jantung bawaan dan tekanan darah tinggi di arteri pulmonalis. Dia harus memasok darah ke janin parasit, menambah lebih banyak tekanan pada jantungnya dan membahayakan nyawanya,” jelas Dr Mao Jinxiang, ahli bedah di Rumah Sakit Anak Shenzen.

Ditambahkan, “Jadi kita harus melakukan operasi untuk mengangkat bagian parasit itu secepatnya.” ** Baca juga: Salah Mengeja, Guru di India Diduga Bunuh Murid dari Kasta Dalit

Diungkapkan, banyak sekali tantangan ketika mengoperasi bayi itu, terutama karena pembuluh darahnya yang tipis dan bahaya bagi tubuh bayi. “Organ bayi itu kecil dan pembuluh darahnya yang kecil berdinding tipis, tapi kita harus menyelesaikan operasi ini dalam waktu singkat,” terang Dr Jinxiang.

Tim bedah segera mengoperasi bayi yang baru lahir selama dua hari itu, dan berhasil mengangkat janin parasit seberat 260 gram, serta menyelesaikan operasi dalam waktu tiga jam.

Bayi laki-laki itu pun diperbolehkan pulang beberapa hari kemudian, karena dokter melihat bayi dalam kondisi sehat. Janin parasit adalah kelainan langka di mana janin yang tidak sempurna tumbuh di tubuh kembarannya.

“Janin parasit adalah cacat lahir yang sangat serius,” ungkap Dr Jinxiang. “Tingkat kejadiannya sekira satu dari setiap setengah juta kelahiran. Sejauh yang kami tahu, ada sekitar 200 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia.”

Tiap tahunnya, di Tiongkok lahir sekira 900 ribu bayi lahir cacat, umumnya cacat penyakit jantung bawaan.(ilj/bbs)