oleh

Di Mesir, Dokter ‘Tinggalkan’ Handuk dalam Perut Usai Operasi Hingga Sebabkan Pasien Meninggal Dunia

Kabar6-Tindakan ceroboh dilakukan oknum dokter spesialis urologi berinisial KH di Mesir, yang secara tidak sengaja meninggalkan handuk dalam perut pasien usai menjalani operasi batu ginjal.

Handuk yang tertinggal dalam operasi laparoskopi tersebut, melansir Gulfnews, menghambat aliran darah yang menjadi penyebab kematian pasien bernama Abdel Rahman Badr. Benda tadi tertinggal setelah KH memotong arteri yang mengarah ke ginjal Badr, seorang petani asal wilayah Gharbia. Usai operasi, dokter memberitahu keluarga bahwa Badr meninggal dunia.

Dalam laporan tertulis disebutkan, penyebab kematian Badr adalah penurunan sirkulasi darah yang tajam. Namun keluarga tak terima begitu saja, sehingga jenazah dibawa ke rumah sakit lain untuk menjalani pemeriksaan forensik. Dan hasilnya, ada jejak bahwa perut pasien dibuka lebar, tidak sepadan dengan tindakan operasi seharusnya.

Dokter forensik mengatakan, ahli bedah yang mengoperasi Badrs menaruh tiga pad dalam perut pasien untuk menyembunyikan pendarahan lalu menjahit perutnya. Tujuannya agar perbuatan mereka tak diketahui. ** Baca juga: Remaja Turki Nekat Loncat dari Lantai Tiga Sebuah Gedung Ketimbang Layani Pria Hidung Belang

Sementara itu direktur rumah sakit dan ahli anestesi mencoba menyelesaikan perkara ini secara kekeluargaan di luar pengadilan dengan menawarkan uang sebesar sekira Rp230 juta. Namun tawaran itu ditolak oleh pihak keluarga, dan tetap akan menuntut dokter yang mengoperasi.

Wakil Menteri Kesehatan Gharbia menegaskan, dokter yang terlibat akan dihukum berat jika terbukti lalai, mulai dari mencabut izin profesi hingga penjara atau denda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru