oleh

Di Kuil Longquan Beijing Ada Robot Biksu Super Canggih

Kabar6-Sebuah robot bernama Xian’er, dirancang secara khusus sebagai duta yang membantu mengedukasi terutama anak-anak, mengenai ajaran Longquan, dan membantu Kuil Longquan di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti perkembangan zaman.

Xian’er memiliki tinggi sekira 60 cm dengan wujud seperti biksu, dan memegang sebuah layar sentuh di bagian dadanya. Robot berpakaian ala biksu yang berwarna kuning ini, melansir techcrunch, siap menyapa pengunjung kuil dan memberikan beragam informasi. Pengurus Kuil Longquan berharap, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, maka dapat menambah jumlah pengikut ajarannya.

Robot ini mampu mengucapkan mantra-mantra dalam ajaran Buddha, bergerak melalui perintah suara, dan melakukan diskusi sederhana dengan pengunjung yang ingin berbincang. ** Baca juga: Gara-gara Pihak Keluarga Tolak Beri Mahar, Suami Gigit Hidung Istri

Xan’er sendiri diciptakan oleh Master Xianfan. Menurutnya, robot biksu adalah wadah yang tepat untuk menyebarkan pengetahuan seputar ajaran agam Buddha di Tiongkok. Upaya ini juga dilakukan untuk mengawinkan ilmu pengetahuan dan ajaran Budha.(ilj/bbs)

Berita Terbaru