oleh

Di Kabupaten Tangerang, 7.022 Hektar Sawah Terancam Puso

Kabar6-Ribuan hektar lahan persawahan di wilayah Kabupaten Tangerang terancam kekeringan, Sabtu (1/8/2015).

Data yang dihimpun kabar6.com, dari 35.000 hektar persawahan di Kabupaten Tangerang, sebanyak 7.022 hektar dari 21 Kecamatan di Kabupaten Tangerang, terancam kekeringan bahkan puso atau gagal panen.

Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Mawardi Nasution mengatakan, itu  menyusul beberapa sungai yang mengaliri sawah mengalami penyusutan volume air.

“Kekeringan yang melanda lahan persawahan karena, menyusutnya volume air di Sungai Cidurian dan Cimanceri,” terangnya kepada kabar6.com.

Mawardi menambahkan, dari 21 kecamatan dimaksud, terdapat delapan kecamatan yang paling rentan mengalami kekeringan.

“Delapan kecamatan dimaksud yakni, Cisoka, Jambe, Solear, Cikupa, Curug, Panongan, Kelapa Dua dan Tigaraksa,” jelasnya. **Baca juga: 95 Desa di Banten Terancam Kekeringan.

Ia pun mengatakan, saat ini pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, sedang mengupayakan cara guna, mengantisipasi ancaman kekeringan.

“Saat ini, sedang di wacanakan untuk pembuatan sumur pantek dan sumur pompa yang setidaknya, dapat membantu warga selebihnya, kami masih bekerja sama dengan pihak swasta untuk, dapat membantu masyarakat Kabupaten dalam mendapatkan air,” pungkasnya.(shy)

 

Berita Terbaru