oleh

Dermaga VI Pelabuhan Merak Mustahil Rampung Tahun Ini

Kabar6-Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo, mendesak penyelesaian pembangunan Dermaga VI Pelabuhan Merak, Banten.

 

Itu lantaran pihak DPR RI sedianya telah mengetok palu anggaran Penyertaan Modal Negara (PNM) pada APBN Perubahan 2015, sekira bulan Januari lalu.

 

“Kita sudah ketok palu sejak Januari lalu. Harusnya dana sudah dikucurkan dan penyelesaiannya harus pada ahir tahun ini,” kata politisi Partai Gerindra itu di tengah kunjungannya ke Pelabuhan Merak, Jumat (27/11/2015).

 

Dijelaskan Bambang, pembangunan dermaga VI tersebut sedianya tidak lagi dibiayai negara. Akan tetapi, hanya sebatas PMN sebesar Rp1 triliun, yang dialokasikan pada Kementerian BUMN Khusus.

 

Sementara, Dirut PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP)  Pusat, Danang Baskoro, mengatakan pembangunan Dermaga VI yang ditarget bisa rampung akhir tahun ini, tidak mungkin tercapai.

 

Itu lantaran hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan lanjutan pembangunan itu akan dimulai, meski anggaran PMN untuk pembangunan dermaga harus terserap tahun ini juga. ** Baca juga: Menpar Minta Banten Buka Kampus Pariwisata

 

“Ya, kita mau bagaimana lagi, sampai saat ini kita belum terima alokasi dana PMN. Dan, meski Pemerintah mengucurkan, tetap saja penyelesaian mustahil bisa kami lakukan tahun ini. Karena sampai sekarang ASDP belum menerima berita acara serah terima pembangunannya dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya.(sus)

Berita Terbaru