oleh

Dengarkan Lagu Sedih Saat Galau Justru Bikin Bahagia?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apa yang akan Anda lakukan di saat hati sedang galau? Sebagian orang mungkin akan menghibur diri dengan berlibur keluar kota, kemudian ada juga yang pergi berbelanja, kongkow bersama teman-teman, dan lain sebagainya.

Namun tahukah Anda bahwa mendengarkan lagu sedih di saat galau justru akan membuat seseorang bahagia? Mengapa demikian? Dilansir laman Elite Daily.com, lagu sedih bisa memberi efek yang besar pada suasana hati (mood) pendengarnya. Dengan kata lain, lagu sedih baik untuk jiwa kita.

Penelitian yang dilakukan Free University of Berlin, dikutip dari Vemale, mengungkapkan bahwa lagu sedih bisa membangkitkan jiwa dan secara umum bisa memberi efek positif pada sisi emosi seseorang.

“Dengan memicu kenangan, nostalgia bisa jadi pengingat tentang tentang siapa kita dulu, bagaimana kita bisa mengatasi masalah-masalah yang ada, dan posisi kita dalam hubungan kita dengan orang lain,” jelas Krystine Batcho, Ph.D., profesor di Le Moyne College.

Lagu sedih bisa membuat seseorang merasakan kenangan bahagia. Kuncinya ada pada lirik lagu sedih tersebut. ** Baca juga: Keliru, Label ‘Rendah Kolesterol’ pada Makanan Tidak Selalu Sehat

“Dengan memperhatikan lirik lagu sedih, pendengar bisa berempati dengan sang vokalis dan menyadari bahwa ada orang lain yang pernah merasakan pedihnya penolakan, kehilangan, cinta bertepuk sebelah tangan, kegagalan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan lagu sedih,” papar Krystine.

Mendengarkan lagu sedih membuat kita bisa kembali terhubung dengan dunia luar dan tidak merasa sendiri lagi. Bahkan, merasa berempati dengan orang-orang lain yang mungkin pernah merasakan kesedihan seperti yang kita rasakan saat ini.

Pilihlah lagu yang benar-benar dapat dihayati. Jangan galau lagi ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru