oleh

Demokrat Kota Tangerang Dukung Kebijakan SMA & SMK Gratis

Kabar6-Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk menggratiskan biaya pendidikan tingkat SMA dan SMK pada tahun 2013 mendatang, mendapat sambutan positif dari Fraksi Demokrat DPRD setempat.

Bahkan, selain mendukung penuh, Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangerang juga bakal mengawal kebijakan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim itu hingga benar-benar terealisasi.

“Tentunya Fraksi Demokrat akan mendukung kebijakan itu dengan mengawal penganggarannya dalam RAPBD 2013,” ujar Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangerang, Eddy Ham, Selasa (11/9/2012)

Menurut Eddy Ham, kebijakan itu semakin membuktikan bahwa Wali Kota (Pemkot) kiranya sangat peduli terhadap pendidikan murah di kota yang mengusung visi Akhlakul Karimah tersebut.

“Ini berarti, Pemkot Tangerang sudah memenuhi target pemerintah pusat untuk menggratiskan sekolah hingga 12 tahun. Karena, jenjang SD dan SMP sudah terlebih dahulu digratiskan di seluruh sekolah di Kota Tangerang,” ucapnya.

Dalam rangka itu, Fraksi Demokrat akan melobi sejumlah Fraksi lain yang ada di DPRD Kota Tangerang, guna mendukung kebijakan tersebut. Khususnya, memuluskan anggaran pencanangan sekolah gratis SMA/SMK Negeri se-Kota Tangerang.

“Kami akan dorong dalam pembagian anggaran RAPBD 2013, yang dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Mudah-mudahan fraksi lain juga mendukung,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Wahidin Halim di sela-sela Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Wali Kota Tangerang atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Tangerang Terhadap Pengantar Nota Keuangan Rancangan Perda Tentang Perubahan ABBD Kota Tangerang menyebutkan, Pemkot Tangerang akan mencanangkan program wajib belajar 12 tahun.

“Kami sedang mencanangkan menggratiskan seluruh siswa SMA dan SMK Negeri dan Swasta. Sebagai gambaran, untuk jumlah siswa saat ini sebanyak 68.926 siswa dibutuhkan anggaran sebesar Rp.202,19 miliar per tahun,” kata Wahidin Halim menjawab pertanyaan Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, Fraksi PPP dan Fraksi PAN.

Guna merealisasikan program tersebut, ucap Walikota, Pemkot Tangerang telah melaksanakan langkah-langkah persiapan berupa pendataan jumlah siswa SMA dan SMK serta pengkajian kebutuhan biaya bagi setiap siswa dalam satu tahun. “Kami canangkan bantuan untuk SMA sebesar Rp.1,27 juta per siswa dan SMK senilai Rp.3,95 juta setiap siswa,” cetusnya.(iqmar)

Berita Terbaru