oleh

Demi Kesehatan Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berada dalam Pesawat

Kabar6-Sebagian orang lebih memilih menggunakan transportasi udara atau pesawat saat bepergian ke luar kota bahkan luar negeri. Meskipun terlihat sepele, Anda tetap disarankan menjaga kesehatan saat berada dalam pesawat.

Ada sejumlah hal, melansir thesun, yang sebaiknya tidak dilakukan saat berada di dalam pesawat, maupun selama penerbangan. Apa sajakah itu?

1. Berjalan tanpa alas kaki
“Kami melihat orang-orang berjalan dari kursi mereka ke kamar mandi sepanjang waktu tanpa alas kaki dan merasa ngeri karena lantai itu penuh dengan kuman,” kata Linda Ferguson, seorang pramugari selama 24 tahun.

2. Matikan ventilasi udara di kursi
Dokter merekomendasikan, ventilasi udara di kursi harus diatur dalam mode sedang atau tinggi sehingga kuman yang ada di udara di dalam pesawat tidak akan memasuki zona pribadi Anda.

3. Pungut makanan yang jatuh di meja
Meja pesawat biasanya hanya dibersihkan sekali sehari, dan menurut Linda, meja itu digunakan untuk segala macam hal. Satu studi menemukan, meja di pesawat memiliki rata-rata 2.155 bakteri per inci persegi.

4. Pakai bantal dan selimut
Dua benda itu biasanya tidak dicuci dengan benar sampai hari berakhir. Selain itu, bantal dan selimut adalah tempat yang ideal bagi kuman dan kutu untuk disebarkan dari orang ke orang.

5. Tidak cuci tangan setelah ke toilet
“Ketika Anda pergi ke kamar mandi, hal yang benar untuk dilakukan adalah selalu mencuci tangan, mengeringkan tangan dengan handuk, kemudian menggunakan tisu untuk mematikan air dan bahkan membuka pintu,” kata Catherine Sonquist Forest, MD, seorang dokter perawatan primer di Stanford University Health Care.

6. Pakai celana pendek
Seperti bagian lain dari pesawat, kursi tidak dibersihkan di antara penerbangan dan bisa menjadi tempat di mana kuman bersembunyi. Celana pendek bisa memerbesar kesempatan Anda terkena kuman yang menempel di kursi yang diduduki.

7. Tidur sebelum take off
Jika Anda melakukannya, akan lebih sulit untuk menyamakan tekanan di telinga yang akan lebih cepat terjadi jika mengunyah permen karet atau menguap.

Jika rentan terhadap sakit kepala yang disebabkan oleh penerbangan, tahan kantuk Anda di pesawat sampai tekanan di telinga mulai sama. ** Baca juga: Studi: Menjadi Vegan Pengaruhi Kualitas Tidur

Hindari ketujuh hal tadi agar kondisi tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru