oleh

Demi Keamanan, Ini Layanan Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta

Kabar6-Masalah keamanan saat musim arus mudik perayaan Idul Fitri 1434 Hijriah jadi perhatian PT Angkasa Pura II. Hal ini dilihat dengan pengaktifan sebanyak 854 CCTV untuk memantau pergerakan penumpang selama arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Ada 854 CCTV yang memantau setiap gerakan penumpang selama di bandara soekarno – hatta,” kata Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Bram Bharoto Tjiptadi, Sabtu (4/8/2013).

Ia menjelaskan, pihaknya selain menggunakan perangkat canggih yang disebar di sejumlah titik penempatan. Juga mengandalkan kekuatan personel petugas keamanan yang jumlahnya kembali ditambah dari sebelumnya.

Menurut Bram, petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan Airport Security jadi berjumlah 390 orang dari 210 personil pada hari biasanya. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman para penumpang angkutan udara selama arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian, ada juga 60 duta bandara dan 190 armada pemandu moda yang memberikan pelayanan dan informasi kepada penumpang.

“Penumpang yang membutuhkan informasi, akan dipandu oleh duta bandara dan perangkat lainnya yang tersedia,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan lebaran jalur udara di Bandara Soekarno – Hatta diperkirakan mengalami kenaikan.

Pada tahun 2012, jumlah pemudik berjumlah 2.553.376 penumpang dan tahun ini diprediksi mencapai 2.824.348 penumpang. “Diperkirakan alami kenaikan 10,61 persen,” jelas Bram.   

Bandara Soekarno-Hatta pun telah menyiapkan tambah penerbangan ekstra (extra flight) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa arus mudik Lebaran 2013.

Jumlah extra flight yang disiapkan yakni 1.576 tempat duduk untuk penerbangan domestik dan 229 tempat duduk untuk penerbangan internasional.

Adapun tujuan penerbangannya yang domestik yakni seperti Balik Papan, Denpasar, Makasar dan Medan, Pontianak, Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan untuk jalur tujuan internasional ke negara Australia, Hongkong dan Singapura.

Sementara untuk membantu para penumpang, telah disiapkan empat posko meliputi satu posko utama dan empat sub posko di setiap terminal bandara.(yud)

Berita Terbaru