oleh

Delapan Pelukan Dalam Sehari Bikin Anda Bahagia

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya merupakan ungkapan sayang atau kangen, berpelukan dengan orang-orang yang kita sayangi ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani.

Pelukan adalah sebuah terapi ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit. Memeluk dan juga tertawa, dilansir dari Mindbodygreen, sangat efektif menyembuhkan depresi, kecemasan, dan salah satu tips menghilangkan stress serta beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan stres.

Para ahli jiwa, dikutip dari doktersehat.com, merekomendasikan setidaknya delapan pelukan sehari untuk lebih bahagia dan menikmati hubungan yang lebih baik.

Sedangkan terapis keluarga, Virginia Satir, menyatakan bahwa kita membutuhkan empat pelukan untuk bertahan hidup, delapan pelukan untuk kesehatan dan 12 pelukan untuk pertumbuhan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa tindakan sederhana seperti memeluk dapat meningkatkan jumlah hormon oksitosin dalam tubuh. Hormon oksitosin merupakan hormon yang dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan diri, mengurangi rasa takut, serta meningkatkan kasih sayang dan ketenangan.

Hormon oksitosin ini juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi dan kelelahan, serta mengurangi stres dan depresi.

Pelukan pada anak dapat meningkatkan kecerdasan otak. Hasil penelitian ini menjadi alasan mengapa tindakan sederhana seperti memeluk tidak hanya memperkuat ikatan dengan orang lain, tetapi juga memperkuat fisik, emosi dan kesehatan.

Salah satu hal unik dari berpelukan adalah orang yang memeluk dan yang dipeluk sama-sama merasakan manfaat yang sama. Agar pelukan kita memiliki dampak lebih baik, singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu pikiran seperti urusan pekerjaan, urusan rumah dan lain-lain.

Memberikan pelukan dengan kepala penuh berbagai pikiran dapat mengurangi energi positif dan kehangatan yang akan kita berikan. Bebaskan tangan kita dari benda-benda yang ada di tangan seperti telepon genggam, tas, kunci atau barang lainnya sehingga lebih leluasa untuk memeluk.

Lakukan pelukan minimal tiga detik untuk merasakan dampaknya pada tubuh. ** Baca juga: Menjadi Perfeksionis Tidak Selamanya Menguntungkan

Selamat berpelukan dengan orang-orang yang Anda sayangi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru