oleh

Dehidrasi Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur, Ini Penjelasannya

Kabar6-Sebuah studi terbaru mengungkapkan, tidur kurang dari enam jam dapat membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Menurut hasil penelitian, orang-orang yang tidur enam jam atau kurang, memiliki urine yang lebih pekat. Mereka juga memiliki risiko dehidrasi 16-50 persen lebih tinggi dibanding orang-orang yang mendapat tidur selama delapan jam.

Para ilmuwan, melansir sciencealert, melacak kembali ke sistem hormonal tubuh yang mengatur hidrasi. Mereka fokus kepada hormon vasopressin yang dilepaskan tubuh saat tidur untuk mengatur tingkat cairan—terutama menghambat produksi urine. “Jika bangun lebih awal, Anda mungkin kehilangan ‘jendela’ di mana hormon vasopressin dilepaskan lebih banyak. Dan itu akan mengganggu hidrasi tubuh,” kata Asher Rosinger, peneliti dari Pennsylvania State University yang terlibat dalam studi.

Jadi, vasopressin memiliki fungsi yang penting yaitu memastikan tubuh kita tidak kehilangan banyak air saat tidur. Faktanya, hormon ini dapat menarik air dari urine kembali ke dalam tubuh.

Apabila kita tidak tidur cukup lama, jumlah vasopressin yang dilepaskan akan lebih sedikit, dan itu menyebabkan dehidrasi. Diketahui, dehidrasi memiliki beberapa dampak negatif, mulai dari mempengaruhi mood dan tingkat kognitif, fungsi ginjal dan performa fisik.

Studi terbaru ini menganalisis lebih dari 25 ribu orang dewasa di Tiongkok dan AS. Mereka ditanya tentang kebiasaan tidurnya dan diambil sampel urine untuk mencari biomarker yang terkait dengan hidrasi. Vasopressin tidak diukur, tetapi indikatornya (seperti kadar air dalam urine) lah yang diteliti.

Hasilnya, tidur dan level hidrasi dapat memengaruhi satu sama lain. “Efeknya mungkin berputar. Bisa jadi waktu tidur seseorang memengaruhi status hidrasinya. Namun, jika orang tersebut mengalami dehidrasi, itu juga akan memengaruhi tidurnya. Menarik untuk mempelajari hubungannya lebih lanjut,” urai Rosinger. ** Baca juga: Stres Juga Miliki Manfaat, Lho

Sudah cukupkah waktu tidur Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru