oleh

Daun pada Pohon Gympie-gympie Punya Racun Mirip Sengatan Laba-laba

Kabar6-Ilmuwan menemukan bahwa pohon yang disebut sebagai Gympie-gympie memiliki daun yang molekulnya mengandung racun mirip sengatan laba-laba. Jika tersentuh kulit manusia, daunnya bisa menimbulkan rasa sakit berhari-hari bahkan bisa dalam hitungan bulan.

Dalam sebuah studi, melansir hitekno, diungkapkan bahwa pohon-pohon ini menghasilkan molekul yang lebih mirip racun hewan tertentu dibandingkan pertahanan tumbuhan yang diketahui. Diketahui, Gympie-gympie berasal dari Australia dan mereka juga dapat ditemukan di Thailand dan Filipina. Pohon penyengat raksasa ini ditutupi dengan ‘jarum”‘ tersembunyi yang panjangnya sekira lima milimeter.

Trikoma terlihat seperti rambut halus, tetapi sebenarnya bertindak seperti jarum suntik yang menyuntikkan racun ketika mereka melakukan kontak dengan kulit manusia. ** Baca juga: Jepang Jadi Negara Pertama yang Izinkan Kelahiran Embrio Gabungan Manusia dan Hewan

Nama ilmiah pohon itu adalah Dendrocnide yang secara harfiah berarti “pohon menyengat”. Mereka merupakan anggota dari keluarga jelatang yang dapat ditemukan di Australia dari wilayah Sungai Utara New South Wales, hingga Gympie.

“Spesies pohon penyengat Australia sangat terkenal karena menghasilkan sengatan yang sangat menyakitkan, yang tidak seperti kerabat mereka di Eropa dan Amerika Utara. Mereka dapat menyebabkan gejala yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu,” urai Dr Irina Vetter dari UQ’s Institute for Molecular Bioscience pada rilis resminya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru