oleh

Dark Chocolate dan Manfaatnya

Kabar6-Nyaris tidak ada orang yang tidak menyukai cokelat. Bagaimana dengan cokelat hitam atau dark chocolate? Meskipun rasanya agak sedikit pahit, nyatanya banyak juga orang yang menyukainya.

 

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memuaskan diri dengan mengonsumsi dark chocolate, tetap akan merasakan manfaatnya selama beberapa hari.

 

Mengapa Anda disarankan untuk memakan dark chocolate? Berikut alasannya:

 

1. Menyeimbangkan suasana hati yang berubah-ubah

 

Dark chocolate terdiri dari serotonin, yang dapat membantu produksi endorfin. Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), zat kimia yang dapat membuat otak Anda seperti merasa jatuh cinta. ** Baca juga: Tanpa Celana Dalam Pria Lebih Sehat?

 

Cokelat adalah pembangkit mood, bermanfaat sebagai anti depresi dan membantu mood seseorang, termasuk membantu keluhan PMS pada perempuan.

 

2. Menurunkan tekanan darah

 

Sebuah penelitian menyatakan bahwa memakan sedikit dark chocolate dua kali seminggu dapat menurunkan tekanan darah. Ini juga meningkatkan aliran darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate mencegah arteriosklerosis, dan berguna mengurangi risiko stroke.

 

3. Sebagai antioksidan dan menangkal kanker

 

Dark chocolate mengandung antioksidan, yang membantu membersihkan bahaya radikal bebas dalam tubuh Anda. Termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

Radikal bebas dapat menjadi penyebab utama kanker, sehingga mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti dark chocolate, akan menjaga tubuh Anda dari beberapa tipe kanker.

 

4. Membantu menghalau beberapa jenis penyakit

 

Dark chocolate dibuat dengan sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda. Kaya akan tembaga, kalium, zat besi, dan magnesium yang dapat memberikan sejumlah manfaat termasuk melindungi tubuh dari penyakit radiovaskular, kekurangan zat besi, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

 

5. Memperbaiki sirkulasi darah

 

Dark chocolate menjaga kondisi pembuluh darah Anda, termasuk memperbaiki sirkulasi darah dan melindungi Anda dari dua jenis diabetes.

 

Flavanoid terdapat dalam dark chocolate yang dapat meningkatkan insulin dengan efisien pada tubuh Anda. Ia juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti bahwa tidak akan berpengaruh pada gula darah Anda.

 

Di samping banyak manfaatnya, dark chocolate pun mengandung lemak tinggi. Jadi disarankan agar Anda mengkonsumsi dark chocolate secukupnya alias tidak berlebihan.(ilj)

Berita Terbaru