oleh

Dari Jalan Setapak, Jadi Sepanjang 3,4 Km yang Hubungkan Tiga Desa di Patia

Kabar6-Jalan sepanjang 3,4 kilometer (km) yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang berubah setelah dibangun TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Sebelumnya hanya jalan setapak. Adapun tiga desa itu, Desa Patia, Babakan Kesik, dan Pasir Kadu.

Dandim 0601 Pandeglang, Letkol Kav Dedi Setiadi mengatakan, dijadikannya Kecamatan Patia sebagai lokasi khusus (Lokus) TMMD karena di kawasan tersebut akan ada exit atau pintu keluar Tol Serang-Panimbang.

“Sebelumnya lokasi yang dibangun jalan baru saat ini, merupakan jalan setapak. Karena di Patia akan ada pintu keluar tol Serang-Panimbang, maka kami berinisiatif menjadikan jalan tersebut menjadi akses utama bagi warga. Dengan begitu, jalan baru hasil TMMD nantinya menunjang perkembangan ekonomi warga setempat,” kata Dedi, Rabu (21/10/2020).

Tim Pengawasan dan Evaluasi penanggungjawab operasional TMMD 109 Mabes AD, Mayjen Mohamad Sabar Fadhilah menyebut, sasaran utama TMMD adalah fisik dengan membuka akses jalan baru.

Menurut dia, di Indonesia saat ini ada 60 Kota/Kabupaten yang sedang melaksanakan program TMMD. “Ini berawal dari aspirasi masyarakat ke Koramil, kemudian diteruskan ke Kodim, dan Dandim mengusulkan agar bisa menjadi sasaran TMMD,” katanya.

Jendral Bintang dua itu juga sudah memastikan, akses jalan warga di Desa Patia, Kecamatan Patia, Pandeglang selesai tepat waktu. Pihaknya juga sudah melihat langsung dalam kegiatan TMMD, para anggotanya bekerja untuk masyarakat di kecamatan tersebut.

“Ada sepanjang 3 kilo meter lebih jalan yang dibangun, dengan lebar jalan 8 meter untuk mempermudah para petani yang ada di tiga desa di Kecamatan Patia,” ujarnya.

**Baca juga: BPKP Minta Kades di Pandeglang Teliti Data Penerima Bansos

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat membantu proses TMMD. Diakuinya, TMMD tidak hanya membangun fisik seperti jalan, tapi juga non fisik, seperti penyuluhan hukum, pemahaman bahaya narkoba, penyuluhan pertanian dan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19. (Aep)

Berita Terbaru