oleh

Dapet Mobil Dinas, DPRD Kota Tangerang Dinilai Boros

Kabar6-Pembelian 19 unit kenderaan dinas merek Toyota Kijang Innova untuk anggota DPRD Kota Tangerang, dinilai sebagai bentuk pemborosan terhadap uang rakyat. Karena, mayoritas wakil rakyat yang duduk di DPRD saat ini sudah memiliki mobil pribadi.

Hal itu dilontarkan Koordinator LSM Pengamat Kebijakan Publik, Ibnu Djandi, selasa (18/9/2012). “Pada dasarnya, seluruh wakil rakyat di Kota Tangerang saat ini, mulai dari anggota sampai ketua sudah punya
mobil pribadi. Bahkan ada yang lebih dari satu,” ujar Djandi.

Seharusnya, lanjut Djandi, dana bernilai milliaran rupiah untuk pembelian 19 unit mobil Kijang Innova itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di Kota Tangerang. Seperti, membantu warga yang sedang mengalami krisis air bersih.

“Ini sama saja dengan mubazir dan tidak etis. Karena, disaat sebagian warga Kota Tangerang sedang berteriak kekeringan dan kekurangan air bersih, kok anggota dewan malah enak-enakan terima mobil baru,” kata
Djandi lagi.

Djandi menilai, pengadaan 19 unit mobil dinas bagi kalangan DPRD ditengah kekeringan yang melanda saat ini, justru bisa menciderai perasaan warga Kota Tangerang.

Dari penelusuran, kisaran harga sebuah mobil Toyota Kijang Innova baru dibuka mulai dari harga Rp. 189 juta hingga paling mahal Rp. 302 juta per unit.

Jika ditotalkan, dana yang digelontorkan Pemkot Tangerang untuk membeli 19 buah mobil dinas Kijang Innova dengan harga termurah senilai Rp. 3,5 miliar sampai harga termahal Rp. 5,7 miliar.

Ya, kendaraan dinas bagi kalangan wakil rakyat sifatnya memang bukan untuk pribadi. Kenderaan itu diperuntukkan menunjang kinerja para wakil rakyat. Dan, jika sudah tidak digunakan lagi, maka kendaraan
dinas itu harus dikembalikan sebagai aset daerah.(rah)

Berita Terbaru