oleh

Dapat Dikonsumsi, 4 Jenis Minyak Ini Baik untuk Kesehatan

Kabar6-Minyak masakan (minyak goreng) adalah minyak atau lemak yang berasal dari pemurnian bagian tumbuhan, hewan, atau dibuat secara sintetik yang dimurnikan, biasanya digunakan untuk menggoreng makanan.

Umumnya minyak goreng berbentuk cair dalam suhu kamar. Kebanyakan diperoleh dari tumbuhan seperti kelapa, serealia, kacang-kacangan, jagung, kedelai, dan kanola. Ada banyak jenis minyak untuk memasak yang beredar di pasaran. Semuanya mengandung bahan-bahan bernutrisi, termasuk kegunaan masing-masing.

Namun tahukah Anda, melansir Womenshealthmag, ternyata ada empat minyak yang juga baik untuk kesehatan jantung, kulit, dan bahkan mood Anda. Apa saja keempat jenis minyak yang dimaksud?

1. Minyak wijen
Minyak wijen dapat membantu mencegah terjadinya diabetes, gigi berlubang, dan bahkan mencegah kulit terbakar sinar matahari. Hal ini karena minyak wijen mengandung antioksidan unik, dan suatu zat yang disebut dengan lignin, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Bila Anda menggunakannya sebagai pengganti obat kumur dan berkumur dengan menggunakan minyak wijen selama 10 menit, maka hal ini dapat mencegah terbentuknya plak pada gigi.

Selain itu, menggosokannya pada kulit Anda juga dapat membantu mengatasi kulit yang terbakar oleh sinar matahari, namun jangan pernah menggunakan minyak wijen sebagai pengganti tabir surya.

2. Minyak alpukat
Minyak alpukat ternyata dapat membantu mengatasi berbagai jenis gangguan pada sendi dan membuat kulit menjadi lebih halus. Hal ini dikarenakan minyak alpukat mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal (MUFA) yang dapat membantu melawan berbagai reaksi radang di dalam tubuh, yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari dalam dengan menekan efek radikal bebas di dalam tubuh.

Bila Anda mengonsumsinya secara teratur, minyak alpukat juga dapat berfungsi seperti obat anti nyeri dosis kecil, yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi akut bila dikonsumsi bersama dengan minyak kedelai.

Saat dioleskan secara langsung pada kulit, minyak alpukat dapat berfungsi sebagai pelembap untuk membantu mengatasi kulit kering. ** Baca juga: Marah Sebabkan Dampak Buruk Bagi Kesehatan

3. Minyak walnut
Minyak walnut dapat membantu memperbaiki reaksi tubuh terhadap stres. Hal ini karena minyak walnut mengandung banyak asam lemak omega 3 seperti halnya minyak ikan, yaitu asam alfa linoleat (ALA), yang dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sistem saraf.

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa minyak walnut juga dapat membantu menurunkan kadar stres dan tekanan darah, sehingga juga dapat melindungi jantung Anda.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa sangat baik bagi kesehatan Anda karena mengandung asam laurat dan asam lemak jenuh yaitu trigliserida rantai sedang (MCT). Beberapa ahli menduga, karena minyak kelapa mengandung asam laurat, maka dapat digunakan sebagai pengganti obat kumur dan memiliki efek antimikroba.

Berbagai penelitian menemukan, MCT yang terdapat di dalam minyak kelapa dapat membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol, membantu kerja sistem pencernaan, dan bahkan mengurangi kadar lemak perut.

Manfaat yang tak terduga, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru